Kaum Disabilitas Tanah Datar Taruh Harapan ke Mahyeldi-Vasko

Tanah Datar – Calon Gubernur Sumbar Nomor Urut 1 Mahyeldi menyatakan perhatian dan dukungannya terhadap kaum disabilitas, terutama dalam kesempatan kerja.

Hal itu disampaikan dalam kunjungannya ke Tanah Datar mendapatkan sambutan hangat dari Ketua Disabilitas Tanah Datar, Rizal, serta sejumlah penyandang disabilitas lainnya, Minggu (27/10/2024).

Mereka berharap adanya kebijakan yang lebih mendukung pemberdayaan dan peluang kerja bagi penyandang disabilitas di wilayah tersebut.

Rizal menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian Mahyeldi terhadap komunitas disabilitas.

“Kami bangga dan bersyukur bisa bertemu dengan Bapak di rumah kami. Ini bentuk kepedulian yang luar biasa dari Bapak untuk disabilitas,” ujar Rizal, Minggu (27/10).

Selama ini, Rizal melihat Mahyeldi telah memberikan ruang kepada kaum disabilitas, terutama dalam kesempatan bekerja di pemerintahan.

Sosok Wilham, salah seorang penyandang disabilitas yang hadir, mengungkapkan harapannya agar pemerintah bisa memberikan kuota khusus bagi disabilitas di pemerintahan.

Menurutnya, ada sekitar 2.700 penyandang disabilitas di Tanah Datar yang siap bekerja jika diberi kesempatan.

“Kami berharap ada kebijakan untuk menyisihkan 2% kuota bagi penyandang disabilitas, agar potensi kami bisa digunakan, baik dalam bentuk PPPK maupun kesempatan kerja lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Wilham juga mengusulkan agar peringatan Hari Disabilitas Internasional di Tanah Datar dapat lebih banyak melibatkan kaum disabilitas dalam kegiatan yang mendorong peran mereka di masyarakat.

Dalam pertemuan itu, Mahyeldi memberikan motivasi, menyampaikan bahwa tidak ada yang menghalangi penyandang disabilitas untuk bekerja atau berkreativitas.

Dia mencontohkan pengalaman kerjanya bersama seorang difabel yang kini telah menjadi dosen. “Tidak ada yang menghalangi penyandang disabilitas untuk bekerja atau berkreativitas,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengingatkan bahwa setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan, menekankan pentingnya kepercayaan diri.

“Dari Mahyeldi-Vasko kami berkomitmen tidak ada batasan bagi kaum difabel. Kaum difabel harus mendapatkan hak yang sama dengan masyarakat lain,” katanya.

Dukungan serta komitmen Mahyeldi untuk memperhatikan kebutuhan disabilitas di Tanah Datar diharapkan dapat menginspirasi semangat baru bagi mereka, bukan sekadar pelengkap, tetapi sebagai individu yang berperan aktif dalam masyarakat. (*)

Exit mobile version