Mahyeldi Tekankan Peran Penting Saksi dalam Pilkada 2024

Payakumbuh – Calon Gubernur Sumatera Barat Nomor Urut 1 Mahyeldi menekankan pentingnya kedisplinan dan kecermatan saksi dalam mengawal proses Pilkada.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri pelatihan dan konsolidasi saksi Pilkada 2024 di Kota Payakumbuh, Sabtu (26/10/2024).

Pelatihan ini diikuti oleh para saksi tiga Kecamatan yang akan bertugas di lebih dari 200 TPS yang tersebar di Payakumbuh.

Mahyeldi mengatakan, saksi yang disiplin dan cermat dalam mendata sangat penting untuk menjaga transparansi dan akurasi perolehan suara pada Pilkada.

Menurutnya, saksi dari PKS dikenal sebagai yang terbaik di Indonesia karena kerap kali mampu mencatat data secara rapi dan terdokumentasi dengan baik.

“Dengan data yang dikumpulkan saksi, kita bisa mendapatkan hasil perolehan suara setiap pasangan calon pada jam dua siang. Hal ini menjadi sangat penting untuk mempercepat penyampaian hasil,” ujarnya.

Mahyeldi menyebut, pelatihan ini bertujuan agar para saksi memiliki keterampilan dalam mendata secara akurat.

Dia berharap para saksi mampu bekerja maksimal dan mengawal setiap suara, sehingga dapat meminimalisir potensi kecurangan di lapangan.

“Ketika turun ke lapangan nanti, kita tidak boleh dipermainkan. Itulah sebabnya, kita persiapkan para saksi dengan baik hari ini. Kehadiran saksi sangatlah krusial dalam setiap tahapan Pilkada,” tegas Mahyeldi.

Dia mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada, guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya suara dalam proses pemilihan.

Setiap TPS di Payakumbuh akan dilengkapi tiga saksi, yang diharapkan mampu bekerja maksimal dalam menjaga kejujuran dan kelancaran Pilkada 2024. (*)

Exit mobile version