Apel Peringati Hari Santri Nasional di Kota Sawahlunto

PERINGATAN—Apel peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 di Kota Sawahlunto dipusatkan di Pesantren Ababil Lunto, Desa Lunto Timur.

SAWAHLUNTO, METRO–Dengan menyongsong tema “ Menyambung Ju­ang Merengkuh Masa De­pan “ Apel peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 di Kota Sawahlunto dipusatkan di Pesantren Aba­bil Lunto, Desa Lunto Ti­mur, Kecamatan Lembah Segar, Selasa (22/10).

Tema peringatan HSN (Hari Santri Nasional) 2024 merupakan implementasi dari sebuah makna yang tertera dalam salah satu bait dalam Kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang mengatakan “Seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiyai, ketika sang kiyai telah wafat.

Tema “ Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan “ adalah sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

Bertindak sebagai Pembina Apel Pj Wali Kota Sawahlunto yang diwakili oleh Pj Setda, Irzam K.

Dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Agama RI. Usai membacakan sambutan Menteri, Irzam dalam kesempatan itu juga menyampaikan untuk menjaga netralitas ASN dalam menyambut Pilkada 2024.

“Jangan sampai ada ASN yang terafiliasi kepada salah satu calon,” tegas Irzam

Ia juga mengingatkan peserta Apel jangan sampai menjadi korban Pilkada. “Mari kita sukseskan Pemilu Berdunsanak di Kota Sawahlunto “ ujar­nya

Setelah Apel, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan insetif guru LPQ dan MDT serta penyerahan Sertifikat Pemenang Porsadin Tingkat Provinsi yang langsung diserahkan Pj Setda yang di­dampingi oleh Ketua DPRD dan Kakankemenag Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra

Dan dilanjutkan dengan penyerahan piala KSM tingkat MA. Kegiatan Apel HSN Tahun 2024 ditutup dengan penampilan Hadrah oleh Santri Ponpes Ababil Lunto.

Hadir dalam apel ter­sebut, Ketua DPRD, Susi Haryati, Anggota DPRD, Hendri Elvin, Kabag Kesra Kota Sawahlunto, Ketua Baznas, Pejabat Struktural dan Fungsional Kemenag Kota Sawahlunto, Pimpinan Pondok Pesantren, Tokoh Masyarakat, Santriwan dan Santriwati Ponpes Ababil serta undangan lainnya. (pin)

 

Exit mobile version