Tinjau Mega Proyek Geothermal Sumatera, Pjs Bupati: Pembangunan Sesuai dengan Harapan

TINJAU PROYEK PEMBANGUNAN— Pjs Bupati Pasaman Edi Dharma bersama rombongan saat melakukan peninjauan sejumlah mega proyek di wilayah Pasaman.

PASAMAN, METRO–Disela kesibukanya selaku Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pasaman H. Edi Dharma masih sempat meninjau beberapa titik mega proyek PT. Geothermal Sumatera di Kecamatan Bonjol.

Didampingi oleh Kadis DPMPTSP, Ketua Komite Kegiatan PSPE, Babinkamtibmas Nagari Ganggo Mudiak dan Site Manager PT. Medco, Pjs Bupati me­ninjau langsung lokasi Pem­bangunan Kegiatan PSPE (Penugasan Survey Pendahuluan dan Eksplorasi) Geothermal di wila­yah Bonjol, yang berlokasi di Nagari Ganggo Mudiak, Jorong Kampung Tampang.

Sementara itu Kadis DPMPTSP Pasaman Yusnimar pada kesempatan ter­sebut menjelaskan, bahwa progresnya sesuai dengan rencana. Posisi saat ini telah selesai tahapan ganti rugi tanah sebanyak 148 bidang dengan 96 pemilik.

“Direncanakan awal November ini akan dimulai pembangunan jalan akses dari Jorong Biduk sampai ke lokasi Tapak Sumur di Kampung Tampang,” ungkap Yusnimar.

Dikatakan Yusnimar, ada dua lokasi pengeboran sumur yang direncanakan yaitu lokasi Bonjol 1 Kampung Tampang dan Bonjol 3 Sungai Limau.

“Untuk pembangunan tapak sumur direncanakan bulan Maret 2025,” kata­nya.

Sementara Camat Bonjol Ferta pada kesempatan tersebut mengatakan, pembebasan lahan sudah selesai dilakukan.

“Insya Allah target awal bulan November ini akan dimulai pembangunnya,” ujar Ferta.

Kata Ferta, masyarakat sangat mendukung, terakhir sudah dilaksanakan penandatanganan atau MoU kerjasama antara Pemda dengan PT Medco.

Sementara itu Pjs Bupati Pasaman Edi Dharma menyebutkan, bahwa Pem­kab Pasaman siap men­dukung sepenuhnya pembangunan pembangkit listrik energi panas bumi di Bonjol ini.

Tentunya dengan ada­nya kegiatan ini akan berdampak positif bagi ma­sya­rakat terutama dalam membantu penyediaan te­naga listrik energi baru terbarukan terutama di dae­rah Bonjol. Secara ekonomi juga akan terdampak signifikan terhadap masya­rakat.

“Kita berharap kepada pihak , PT Medco Geotermal Sumatera yang melaksanakan kegiatan ini , da­pat merampungkan sesuai dengan harapan sehingga dampak dari pengelolaan panas bumi ini ,dirasakan secara langsung oleh ma­syarakat,” ujar Edi Dharma. Dalam kesempatan yang sama,Pjs Bupati Pasaman Edi Dharma yang di­dampingi oleh Camat Bonjol. Fertha juga meninjau pelaksanaan pemba­ngu­nan Planetarium di Equator Bonjol. (mir)

Exit mobile version