Lantik Gempama di Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Mahyeldi Dukung Pelestarian Adat Minangkabau

Padang Pariaman – Calon Gubernur Sumbar Mahyeldi menekankan pentingnya melestarikan adat dan budaya minangkabau bagi generasi muda saat ini.

Hal itu disampaikannya usai melantik Generasi Muda Peduli Adat Alam Minangkabau (Gempama) di Korong Kampung Koto, Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (18/10/2024).

Selain dilantik, masyarakat setempat juga menyatakan dukungan terhadap paslon nomor urut 1 Mahyeldi dan Vasko Ruseimy dalam Pilgub Sumbar 2024.

Tokoh masyarakat setempat, Ramli Datuak Bungsu menjelaskan, salah satu alasan utama masyarakat memilih Mahyeldi ialah karena sikapnya yang santun dan bijaksana dalam memimpin.

Menurutnya, Mahyeldi dinilai mampu menghadirkan suasana kepemimpinan yang tenang dan penuh keharmonisan, sebuah kualitas yang sangat penting bagi masyarakat setempat.

“Kita membutuhkan pemimpin yang beradab dan berkarakter. Mahyeldi telah menunjukkan kepemimpinan yang sejuk dan santun. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mendukung beliau sebagai Gubernur Sumbar,” katanya.

Menanggapi dukungan tersebut, Mahyeldi berterimakasih atas dukungan penuh masyarakat setempat. “Ini akan menjadi semangat penuh bagi kami Mahyeldi-Vasko guna mewujudkan Gerak Cepat untuk Sumbar kedepan,” katanya.

Menyinggung soal adat dan budaya Minangkabau, Mahyeldi berharap Gempama dapat menjadi wadah bagi pemuda dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat Minangkabau.

“Kehadiran Buya Mahyeldi di sini sekaligus menunjukkan kepedulian beliau terhadap adat dan budaya Minangkabau, khususnya bagi generasi muda,” ujarnya di sela-sela acara pengukuhan Gempama.

Nantinya dengan program Nagari Creative Hub juga akan menjadi pendongkrak kekuatan untuk melestarikan adat dan budaya Minangkabau. “Tentunya sejalan dengan program kami, Nagari Creative Hub, tujuannya tidak hanya secara ekonomi, namun juga bagaimana generasi muda mengenal dan melestarikan budaya mereka dari nagari,” jelasnya.

Komitmen Kesejahteraan Ekonomi Lokal

Tak hanya itu, Mahyeldi juga menyampaikan komitmennya untuk terus memperhatikan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah yang memiliki potensi ekonomi lokal.

Dia mencontohkan Kampung Koto yang dikenal sebagai penghasil kelapa dan pinang, dua komoditas yang akan mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah jika ia terpilih kembali.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani kelapa dan pinang di Kampung Koto. Ini adalah potensi besar yang harus kita maksimalkan ke depannya,” kata Mahyeldi.

Dukungan masyarakat Kampung Koto terhadap Mahyeldi-Vasko ini menjadi bukti bahwa pasangan calon tersebut memiliki tempat khusus di hati masyarakat Sumbar, khususnya di wilayah Padang Pariaman. (*)

Exit mobile version