Dua Sekolah di Barangin Melaju Tingkat Provinsi

SEMANGAT—Kepala Puskesmas Sungai Durian, drg. Yuliana Sari, Kepala Puskesmas Kolok dr. Ilham beserta Camat Barangin Subandi semangat pada siswa..

SAWAHLUNTO, METRO–Dua Sekolah di Kecamatan Barangin, yaitu SMPN 9 dan MAN Beringin melaju ke ting­kat provinsi pada lomba Se­kolah Sehat tahun 2024. Ren­ca­na­nya, penilaian lomba oleh tim provinsi dijadwalkan bakak dilakukan pada ranggal 22 Oktobet mendatang.

Hal itu terungkap saat Kepala Puskesmas Sungai Durian, drg. Yuliana Sari dan Kepala Puskesmas Kolok dr. Ilham be­serta tim dari kedua Puskesmas tersebut melaksanakan koor­dinasi di sekertariat UKS ke­camatan Barangin, Kamis (17/10).

Menurut dr. Ilham, sejauh ini ia bersama timnya telah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi lomba ini. “Dalam persiapannya, kami telah melakukan koordinasi lintas sektor, termasuk kecamatan, dimana sekertariat UKS ada di kantor camat,” sebutnya.

Untuk kelengkapan dokumen tang diperlukan, imbuh dr. Ilham, sudah kami lengkapi. “Lalu dengan pihak sekolah, kami telah melakukan perbaikan perbaikan yang dibutuhkan, seperti melengkapi poster poster kesehatan. Dan untuk edukasi edukasi, sudah kami lakukan setiap bulan, juga pemeriksaan kesehatan, kantin dan lingkuna sekolahnya,” ungkapnya.

Selain itu, sebut dr. Ilham, kami juga telah melakukan MoU tentang kesehatan dengan pihak sekolah.

Sementara itu Kepala Puskesmas Sungai Durian, drg. Yuluana Sari mengatakan bahwa sekolah MAN Beringin telah siap menghadapi penilaian dalam lomba Sekolah Sehat ini.

Ia menyatakan apresiasinya pada jajaran MAN Beringun yang sangat antusias dalam mengikuti lomba Sekolah Sehat ke tingkat provinsi ini.

“Persiapan kami untuk mem­­bantu persiapan meng­hada­pu lomba ini, kami telah melakukan pembinaan terhadap kader kader kesehatan remajanya, dan telah mempersiapkan tentang kesehatan lingkungannya, termasuk tolilet dan kantin,” ujarnya.

Selain kader kesehatan remaja itu, imbuh drg. Sari, juga telah.mempersiapkan semua data data yang dibutuhkan. “Kemudian, kami juga telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan, terkait TPUKS kecamatan, dan Alhamdulilah sangat mendukung kami. Jadi nanti pada saat penilaian, MAN dan TPUKS kecamatan Barangin sudah siap di kunjungi,” paparnya.

Menanggapi perlombaan Sekolah Sehat ini, camat kecamatan Barangin, Subandi, SH mengaku bangga. Namun, ia berharap agar hal ini bukan hanya sekedar lomba, tetapi berkesinambungan.

Dikatakannya, hal ini tidak terlepas dari pembunaan oleh dua Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Barangin. “Sebelumnya ini tentu tidak didapat begitu saja, tetapi melalui pembinaan bersama dinas terkait ke lapangan dan turun langsung ke sekolah sekolah,” sebutnya.

Ia juga berharap, kedua sekolah ini bisa lolos dan bisa ke tingkat nasional. “Sebelumnya, SDN 19 yang ada di kecamatan Barangin juga telah berhasil mengikuti lomba ke tinhkat nasional,” pungkasnya. (pin)

Exit mobile version