Pimpinan DPRD Sumbar Kunjungi Kejati Sumbar, Bahas Program Edukasi Hukum bagi Remaja

silaturahmi--Unsur pimpinan DPRD Sumbar bersilaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Yuni Daru Winarsih.

PADANG, METRO–Unsur pimpinan DPRD Sumbar  bersilaturahmi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Yuni Daru Winarsih, Selasa (15/10). Kunjungan ini merupakan mengawali masa kerja periode 2024-2029.

Ketua DPRD Sumbar Muhidi  mengatakan, kunjungan unsur pimpinan kali ini, melakukan koordinasi dengan beberapa hal stra­tegis, termasuk memba­has bagaimana menekan angka kenakalan remaja di Sumatera Barat.

“Perlu upaya-upaya preventif untuk menekan angka kenakalan remaja yang menjadi persoalan pada saat sekarang, salah satunya memberikan pemahaman hukum agar ti­dak terjadi lagi,” ungkap Muhidi.

Terkait edukasi Hukum, Kejati Sumbar akan menggagas program Jaksa Me­ngajar. Untuk optimalisasi kegiatan DPRD Sumbar siap mendukung secara penganggaran atau yang lainya, diharapkan nanti­nya bisa memberikan ketentraman, kenyamanan dan kesejahteraan masya­rakat.

Dia menyebut banyak poin-poin penting yang di­diskusikan dengan Kajati untuk pembangunan dae­rah kedepan, gagasan Kajati untuk menciptakan masyarakat sadar hukum akan menjadi catatan pen­ting DPRD Sumbar untuk didiskusikan kedepan. DPRD Sumbar nantinya akan menggelar pertemuan yang lebih formal untuk membahas program edukasi hukum dengan sasaran siswa dan siswi SMA/SMK.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumbar Evi Yandri Dt Rajo Budiman menambahkan beberapa kasus kasus persoalan sosial yang menjadi kena­kalan remaja saat ini a­dalah, tawuran, narkoba dan kasus lainnya.

“Perlu langkah-langkah konkrit untuk meng­hentikan kenakalan tersebut, salah satunya edukasi hukum ke sekolah-sekolah. Pelaku tawuran juga memiliki kecerdasan dalam diri­nya, namun mereka terjebak dalam ruang kenaka­lan,” katanya

Sementara itu Kajati Sumbar Yuni Daru Winarsih mengatakan, terima­kasih telah mengunjungi Kejati Sumbar untuk me­ngawali masa tugas Unsur pimpinan DPRD Sumbar periode 2024-2029 baru saja diresmikan, semoga kedepan akan ada persamaan persepsi untuk membuat kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat untuk masyarakat Sumbar kedepan. (hsb)

Exit mobile version