Hadiri Apel Gelar Pasukan Zebra Singgalang, Pjs. Arry Yuswandi Harap Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

TANAHDATAR, METRO–Kepolisian Resor (Polres) Tanah Datar, dipimpin Kapolres AKBP. Simon Yana Putra menggelar Apel Gelar Pasukan “Operasi Zebra Singgalang Tahun 2024,” Senin (14/10) di halaman Mako Polres.

Turut hadir Pjs. Bupati Tanah Datar Arry Yuswandi, Ketua DPRD Sementara Anton Yondra, Kemenag Tanah Datar, perwakilan Dandim 0307 Tanah Datar, perwakilan Kejari Tanah Datar, Perwakilan Pengadilan Agama, Kadis Perhubungan, Kalaksa BPBD, Sekretaris Satpol PP dan undangan lainnya.

Kapolres Simon mengatakan, Operasi Zebra Singgalang Tahun 2024 mengangkat tema

“Melalui Operasi Zebra Singgalang 2024 dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dan Pelaksanaan Pemilukada Serentak serta Mengajak Masyarakat untuk Tertib Berlalulintas Demi Terwujudnya Kamseltibcar Lantas yang Aman dan Nyaman”.

Dikatakan Simon, Operasi Zebra Singgalang Tahun 2024 akan dilaksanakan selama 14 hari dari 14 sampai 27 Oktober 2024 bertujuan untuk menurunkan pelanggaran, meminimalisir terjadi kecelakaan Lalu Lintas dan angka korban Lakalantas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Salah satu potensi gangguan Kamseltibcar Lantas adalah kepadatan arus lalu lintas, karena itu diminta masyarakat dan pengguna jalan raya untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi peraturan dan aturan berlalu lintas,” sampainya.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang Tahun 2024, tambah Simon, ada 11 sasaran prioritas pelanggaran Lalu Lintas yang akan ditindak tegas.

“Sebanyak 11 sasaran prioritas itu adalah berkendara di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, menggunakan ponsel saat berkendara, menerobos lampu merah, tidak memakai helm standar, melawan arus lalu lintas, berkendara melampaui batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi, kendaraan Over Load dan Over Dimensi serta Kendaraan tanpa tanda nomor kendaraan (TNKB) ataupun TNKB palsu,” tukasnya.

Selepas apel, Pjs. Bupati Arry Yuswandi menyampaikan harapan yang sama, dimana ia berharap agar tidak terjadi insiden kecelakaan Lalu Lintas di Tanah Datar.

“Tentunya dengan momentum ini Saya menghimbau masyarakat untuk taat aturan berlalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan yang tentunya juga akan merugikan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Dan terkait pelaksanaan agenda besar seperti Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, serta Pemilukada di Tanah Datar, Arry Yuswandi juga berharap masyarakat tetap mematuhi aturan dan peraturan berlalu lintas.

“Ketika ada keramaian atau menurunkan masa, baik itu dalam rangka pelantikan Presiden terpilih ataupun dalam Kampanye Pemilukada, Saya himbau masyarakat untuk tetap taat aturan berlalu lintas, karena ketika terjadi musibah, itu akan merugikan diri sendiri dan masyarakat lain,” pungkasnya. (end)

Exit mobile version