Polres Pessel Siap Amankan Jalanya Kampanye di Pessel, 135 Personil di Siapkan

PESSEL METRO–Menyikapi massa kampanye Polres Pessel menerjunkan 153 personel dalam rangka mengamankan tahapan kampanye.

Pengamanan tersebut merupakan bagian dalam Operasi Mantap Praja Singgalang 2024, dimana tahapan kampanye Pilkada Pessel akan dimulai pada Kamis 26 September 2024 hingga Sabtu 23 November 2024. (Selama 2 Bulan).

Masing-masing Paslon, Nomor urut I dan II Calon Bupati Pessel punya hak melakukan kampanye selama dua bulan penuh.

Kapolres Pessel AKBP Nurhadiansyah, S.I.K, menjelaskan, pengamanan ini akan berlangsung selama dua putaran.

Yakni 25 September hingga 25 Oktober sebagai putaran pertama, yang dilanjutkan pada 25 Oktober hingga 23 November atau putaran kedua.

Setiap periode akan diperkuat oleh 153 personel. Baik itu pada putaran pertama, maupun putaran kedua dengan Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Ban Ops.

”Selama masa kampanye, kami siapkan 153 personel yang melibatkan seluruh polsek. Selain itu ada juga Brimob 15 personel dan Sat Samapta Polda Sumbar sebanyak 31 personel,” ujar Kapolres.

Kapolres menekankan personel harus siap dalam Ops Mantap Praja Singgalang 2024, sebab pengamanan yang dilakukan selama dua periode serta bergesekan dengan pendukung dari masing-masing pasangan calon.

Personel juga diarahkan agar meningkatkan deteksi dini dan deteksi aksi terkait perkembangan dinamika politik, sterilisasi tempat kampanye dan mitigasi risiko, meningkatkan sinergi dengan aparat keamanan lainnya.

Selain pengamanan khusus terhadap pasangan calon dan juru kampanye, serta pengamanan di lokasi dan rute kampanye.

Dirinya juga mengingatkan agar para personel menjaga netralitas mereka selama tahapan Pilkada Pessel 2024.

”Kami sangat tegas terkait netralitas, sanksinya tegas, tentu kalau anggota Polri terikat disiplin dan kode etik. Kalau memang berat ya kena kode etik,” tegasnya. (rio)

Exit mobile version