Manasik Haji Cilik Wadah Tanamkan Nilai Agama pada Anak Sejak Dini

USAI—Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Pasaman Barat (Pasbar), Ny. Fitri Risnawanto, usai membuka kegiatan Manasik Haji Cilik di Lapangan Bola SMA 1 Kinali, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, pada Kamis (26/9).

PASBAR, METRO–Kegiatan atau peragaan Manasik Haji Cilik merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru TK/RA, menjadi wadah bagi anak-anak untuk memperoleh pe­ngetahuan agama sejak dini tentang pelaksanaan rukun Islam yang kelima, yaitu haji.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Pasaman Barat (Pasbar), Ny. Fitri Risnawanto, saat membuka kegiatan Manasik Haji Cilik di Lapangan Bola SMA 1 Kinali, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, pada Kamis (26/9).

Dalam sambutannya, Ny. Fitri Risnawanto menga­presiasi kegiatan tersebut karena dinilai dapat mengenalkan dan mengajarkan anak tentang rukun Islam yang kelima sejak usia dini. Ia juga menekankan bahwa Manasik Haji Cilik ini dapat menjadi motivasi agar anak-anak kelak dapat melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya.

“Manasik haji adalah sebuah kegiatan di mana anak-anak dapat termotivasi untuk lebih giat belajar, menjadi anak yang sukses, sholeh, dan sholehah, serta generasi penerus yang dapat membangun Kabupaten Pasaman Barat nantinya,” ujar Ny. Fitri.

Ia juga berpesan kepada para wali murid untuk terus mendidik dan mengawasi anak-anak serta mengajarkan adab dan sopan santun, mengingat pendidikan dasar bagi anak-anak diperoleh selain di keluarga juga di sekolah.

“Di dalam keluarga, anak-anak memperoleh pendidikan awal yang sangat penting. Oleh karena itu, peran ibu dalam mendidik anak sangatlah penting. Teruslah memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak kita untuk kemajuan pendidikan mereka di masa depan,” ucapnya.

Ny. Fitri menambahkan bahwa kegiatan ini mengajarkan dan melatih anak-anak untuk bersabar dan saling menghargai meskipun dalam cuaca panas.

“Panas di Kabupaten Pasaman Barat tidak seban­ding dengan panasnya cuaca di Makkah dan Madinah. Meskipun panas, namun memiliki banyak keis­timewaannya. Karena itu, saya doakan semua anak-anak yang mengikuti Manasik Haji Cilik dari TK dan PAUD se-Kecamatan Kinali ini, insya Allah akan melaksanakan haji sesungguhnya di Kota Makkah di masa mendatang. Amin ya Rabbal Alamin,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Kinali, Saparuddin, me­nyampaikan harapannya agar kegiatan ini mena­namkan rasa cinta anak-anak kepada agama Islam, mengingat kegiatan ini merupakan salah satu rukun Islam. “Dengan adanya kegiatan ini, anak-anak kita sudah mempraktikkan rukun Islam yang kelima,” ujarnya.

Ia berharap nilai-nilai positif terus ditanamkan kepada anak-anak agar terhindar dari pengaruh negatif seperti narkoba, pergaulan bebas, dan judi online. Orang tua diharapkan untuk terus memberikan pengawasan kepada anak-anak di lingkungan sekitar agar mereka tidak terjerumus ke dalam perbuatan yang merugikan.

Ketua Pelaksana, Elmawati, menjelaskan bahwa kegiatan Manasik Haji Cilik ini diikuti oleh 550 peserta dari 25 Taman Kanak-Kanak, yang dibagi menjadi 20 kloter dengan tema “Mewujudkan Generasi Berakhlak Mulia, Religius, Mandiri, serta Membangun Karakter Positif pada Anak Usia Dini.” (end)

Exit mobile version