Tuntas Magang di Kominfo, Mahasiswa Berbagai Jurusan Buktikan Ilmu Jurnalistik Bisa Dipelajari Siapa Saja

AKHIRI—Satu dari dua mahasiswi Program Studi Manajemen dan Ilmu Komunikasi d universitas berbeda, akhiri masa magang di Dinas Kominfo Kota Padang Panjang.

PDG. PANJANG, METRO–Dua mahasiswi Program Studi Manajemen dan Ilmu Komunikasi dari dua universitas berbeda, akhiri masa magang di Dinas Kominfo Kota Padang Panjang. Mereka, Niken Cahya Rani dari Universitas Riau (Unri) Pekanbaru dan Tarisya Dwi Andani dari Universitas Putra Indonesia (UPI) Padang.

Program magang yang dijalankan selama sebulan lebih itu, meninggalkan kesan mendalam bagi kedua mahasiswi tersebut.

Sehari-hari mereka dihadapkan dengan liputan, menulis berita, dan me­ngumpulkan dokumentasi untuk berita. Serta ber­bagai pekerjaan lainnya pada Bidang Informasi Komunikasi dan Publik (IKP) di Dinas Kominfo.

Niken bercerita me­ngenai semua ilmu yang telah dipelajari di kampus dan dapat ia terapkan selama magang di Kominfo.

“Selama dua bulan magang di Kominfo, saya men­dapatkan pengalaman yang sangat berharga, terutama sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Unri dengan konsentrasi Manajemen Komunikasi dan Media. Magang di IKP, memberikan kesempatan untuk menerapkan langsung ilmu yang saya pelajari di kampus. Mulai dari pembuatan konten, editing, fotografi, videografi, hingga pe­nu­lisan berita,” ujar Niken.

Berbeda dengan Niken, Tari mengungkapkan magang di Kominfo adalah pertama kalinya ia mencoba keluar dari zona belajarnya selama di perkuliahan jurusan Manajemen UPI.

“Pelajaran penting yang saya dapatkan, da­lam melakukan liputan, diperlukan kedisiplinan, dapat mengatur jadwal liputan yang cukup padat,” sebutnya.

Ia mengaku kini lebih memahami bagaimana kerja penyampaian informasi publik di Kominfo Padang Panjang. \ ”Mes­kipun dari jurusan yang sama sekali jauh berbeda, saya yakin ilmu ini bisa saya pakai untuk meniti karir saya dimasa de­pan,”ungkap Tari.

Kabid IKP, Maryulis Max, S Sos, M.I.Kom mengapresiasi dan berpesan kepada dua mahasiswi ini.

“Semoga ilmunya benar-benar dapat diterapkan dan memberikan manfaat dalam proses belajar di kampus serta dalam kehidupan setelah kuliah. Dengan memanfaatkan pengetahuan yang dida­pat, kita bisa lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata. Semoga sukses,” ujarnya. (rmd)

Exit mobile version