Jokowi Revitalisasi Dua Pasar di Pessel, Pemerintah Pusat Kucurkan Rp2,9 M

PESSEL, METRO – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali menunjukan komitmen nya dalam peningkatkan infratruktur fasilitas Umum seperti pasar. Tidak tanggung – tanggung pada tahun 2019 akan dibangun kurang lebih 1.300 pasar lagi. Untuk Kabupaten Pesisir Selatan  ada dua Pasar yang akan direvitalisasi.
Hal itu dikatakan Presiden dihadapan Kepala Daerah Se – Indonesia, dan Kepala Perangkat Daerah (PD), serta para penggelola pasar Se – Indonesia pada ajang Pasaraya Award di Tanggerang 12 Maret 2019. Hadir dalam acara tersebut Bupati Pesisir Selatan H.Hendrajoni, dan Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pessel Azral.
Kepala Dinas Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pessel Azral, melalui Kepala Bidang Perdagangan Hendro Kurniawan dikantornya mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Koperindagkop Pessel pada tahun 2019 mendapatkan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat sebesar Rp. 2,9 Miliar untuk melakukan program revitalisasi pasar yang ada di Kabupaten Pessel. Yaitu pasar Inderapura ( pasar Kudo- kudo) dan Pasar Silaut ( Sungai Sirah).
”Pada tahun 2019 ada tiga pasar sedang dalam pemantapan, yaitu Pasar Mandeh, Pasar Batang Kapas dan Pasar Kambang, yang dalam waktu dekat ini akan segera dioprasikan oleh para pedagang,” terang Hendro. Kamis (14/3).
Ujar Hendro, berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo pada acara Pasaraya Award kepada Kepala Daerah serta Kepala Perangkat Daerah Se- Indonesia tidak ada lagi pasar yang kumuh, becek dan semerawut lagi, serta setiap daerah harus harus mampu mengelola pasar sesuai aturan, dan bisa melaksanakan program – program telah di sususun untuk kepentingan masyarakat juga Pendapatan Asli Daerah ( PAD).
Untuk menjalankan arahan dari Presiden tersebut, Koperindagkop Pessel berharap pada penggelola pasar dan para pedagang bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, serta pengelolaan harus jelas agar bisa berdampak positif bagi ekonomi masyarakat juga PAD daerah.
”Ke depan kita akan ikut sertakan beberapa pasar kita pada ajang Pasaraya Award, “ tegas Hendro.
Beberapa pasar yang akan di ikutkan sertakan pada ajang Pasaraya Award tahun depan, Pasar Mandeh, Pasar Batang Kapas dan Pasar Kambang. Untuk ketegori pasar Revitalisasi Terbaik, Revitalisasi Pasar Ramah Lingkungan dan Revitalisasi pengelolaan Pasar Terbaik.
Dengan adanya revitalisasi pasar pada tahun 2019 ini di Kabupaten Pesisir Selatan, serta apa yang menjadi visi dan misi Pemerintah Pusat dan visi dan misi Pemkab Pessel bisa terwujud, untuk kesehjateraan dan pembangunan merata di Kabupaten Pesisir Selatan. (rio)

Exit mobile version