Pulau Semangki di Pessel Penuh Eksotis Namun Belum Teroptimalkan

PESSEL METRO–Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan benar – benar serius pengembangan pariwisata di Negeri Sejuta Pesona, kabupaten dengan sebutan ini.

Miliaran rupiah digelontorkan dari kocek anggaran DAK, Kabupaten Pesisir Selatan demi untuk menyulap infrastruktur di kawasan obyek wisata.

Pulau Semangki, terdiri dari dua pulau besar dan kecil ini nantinya saling terkoneksi, dengan rencana akan dibangunya jembatan penghubung ke kedua pulau tersebut.

Semangki merupakan dua pulau kecil berada di pantai Sumatera Barat, luas masing – masing 16 hektar dan 0,6 hektar. Jaraknya sekitar 2,4 mil atau 3 kilometer dari tepi pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada tahun 2022,kurang lebih Rp.5,8 Miliar, melalui anggaran DAK Fisik, Pemkab Pessel mengolontorkan anggaran pengembangan dua pulau Semangki. Anggaran Rp.300.juta dialokasikan untuk pembangunan jembatan penghubung.

Bahkan sebelumnya , Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar berhatap dengan adanya destinasi pariwisata baru, salah satunya pulau Semangki mampu mendongkrak kunjungan wisatawan, dan menambah PAD Kabupaten Pesisir Selatan.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar,juga pernah memaparkan pulau Semangki memiliki potensi yang besar untuk dikelolah menjadi destinasi wisata. Pantai di pulau sangat Landai, bersih, pasirnya putih, sehingga cocok untuk dikunjungi.

Bukan itu saja, Bupati Pesisir Selatan juga ingin menjadikan pulau Semangki besar dan kecil, untuk dikemas menjadi destinasi wisata eksekutif.

Namun begitu, hingga sampai saat ini keberadaan Pulau Semangki belum terlihat akitifitas wisatawan yang datang, dan berkunjung menikmati pesona pasir putih di pulau Semangki. (rio)

Exit mobile version