UMSB Sosialisasikan Desa Wisata di Kanagarian Lawang

BUKITTINGGI, METRO – Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumbar (UMSB) mengadakan sosialisasi rencana pendampingan desa wisata di Kanagarian Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam di Kantor Walinagari Lawang, Selasa (5/3).
Kegiatan ini mengimplementasikan program kerjasama percepatan pendampingan desa wisata, yang mana Fakultas Pariwisata UMSB terpilih sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan program kerjasama ini dari Kementerian Pariwisata dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
Dekan Fakultas pariwisata UMSB, Moch Abdi SE MM menjelaskan, program kegiatan pendampingan desa wisata dua Kementerian bersama perguruan tinggi ini bertujuan agar terwujud percepatan perkembangan destinasi-destinasi baru di Indonesia yang berbasis kearifan lokal dan pemberdayaan masyarakat lokal.
“Dalam waktu dekat Tim Fakultas Pariwisata UMSB akan melakukan Rakor teknis dengan Walinagari guna mewujudkan rencana program pendampingan desa wisata di Nagari Lawang ini,” ujar Abdi.
Ketua Bamus Nagari Lawang Jamilus Dt Rajo Panghulu menyambut baik rencana Fakultas Pariwisata UMSB menjadikan Nagari Lawang dalam program ini.
“Kami atas nama masyarakat nagari Lawang sangat menerima dengan tangan terbuka rencana pelaksanaan program ini, Semoga program peningkatan pariwisata ini dapat memberi manfaat bagi kemajuan masyarakat Lawang nantinya,” katanya.
Kasi Tapem Camat Matur Sukmarina mengucapkan terimakasih atas adanya program ini yang tentu dalam pengembangan pariwisata di Matur khususnya. Nagari Matur siap untuk bersinergi untuk suksesnya program ini.
Walinagari Lawang Jamal Muchtar Dt. Rajo Lelo Ameh mengajak masyarakat mendukung program kegiatan ini. “Selama ini kita sudah merasakan dampak pariwisata terhadap perkembangan perekonomian masyarakat,” katanya. (pry)

Exit mobile version