Bupati Lantik 209 Pejabat Baru

SIJUNJUNG, METRO – Bupati Yuswir Arifin kembali melakukan perombakan dan pergeseran jabatan. Pada mutasi pada tahap ketiga ini melibatkan sebanyak 209 orang pejabat yang terdiri dari eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Sijunjung.
Mutasi itupun bergulir karena dinilai untuk mendorong kinerja serta berharap hadirnya inovasi untuk daerah. Setidaknya, selama menjabat diperiode Yuswir Arifin dan Arrival Boy sebagai Bupati dan Wakil Bupati, lebih kurang selama tiga tahun ini, mutasi dan pergeseran jabatan sudah terjadi sebanyak empat kali.
Mutasi pertama kali dilakukan pada awal 2017 lalu, yang juga melibatkan pejabat eselon II, III dan IV secara besar-besaran pasca bupati dan wabup menjabat. Posisi tersebut sempat bertahan selama dua tahun sampai mutasi yang kedua kali berlangsung pada November 2018 lalu, yang juga bertujuan untuk menemukan pejabat yang tepat untuk menduduki jabatan yang tepat pula (right man in the right place).
Namun semenjak itulah isu mutasi kian santer di lingkungan Pemkab Sijunjung dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, karena mutasi yang dilakukan sebelumnya dinilai belum rampung.
Memasuki 2019, isu mutasi tersebut kian nyaring beredar sehingga membuat rasa penasaran dan kasak-kusuk dilingkungan pejabat semakin terlihat. Tak ayal jika pembicaraan mutasi merupakan sebuah topik yang banyak diperbincangkan diawal 2019. Entah memang bagian dari strategi atau sebagai upaya untuk memicu semangat pejabat untuk membuktikan kinerja bahwa dirinya layak untuk memegang jabatan.
Pada akhir Februari lalu, mutasi itupun dilakukan. Setidaknya ada tujuh orang pejabat eselon II dan empat orang pejabat fungsional yang mengalami pergeseran. Namun hal tersebut dinilai masih belum rampung karena dilihat dari sebelumnya, gaya mutasi di kepemimpinan Yuswir Arifin dan Arrival Boy kerap kali terjadi secara massal dan melibatkan banyak pejabat eselon.
Pertanyaan itupun terjawab hanya berselang satu minggu setelah pelantikan sebelumnya dilakukan. Pada Jumat (8/3) mutasi secara besar-besaran pun bergulir. Sebanyak 209 orang pejabat yang terdiri dari eselon II, III dan IV.
Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 209 orang pejabat yang dilantik,” Kami ucapkan selamat kepada bapak dan ibu yang dilantik, semoga lancar dan sukses bekerja di posisi yang baru ini,” ucapnya.
“Pelantikan ini merupakan hak dari pimpinan.Terjadinya perubahan pada OPD itu adalah hal biasa, ada yang pindah dan ada yang promosi jabatan. Untuk itu dengan adanya pelantikan ini jangan sampai ada yang merasa kurang cocok dengan jabatan dan sebagainnya,” tambah Yuswir.
Ia menjelaskan, mutasi untuk pejabat eselon II ini telah melewati sejumlah tahapan dan asesmen tes melalui pansel hingga tes kesehatan dan narkoba. Ini dilakukan untuk penataan kembali agar kinerja pemerintahan jadi lebih baik.
“Jabatan merupakan amanah. Kita berharap pejabatnya nanti benar-benar memiliki inovasi, kreatif utk kemajuan daerah. Jadi seorang kepala dinas jangan hanya sekedar berputar-putar sekitaran Muaro saja, Sijunjung butuh pembangunan dan banyak yang harus dilakukan. Baik itu melalui provinsi maupun kementerian demi pembangunan Sijunjung,” ucap Yuswir beberapa waktu lalu. (ndo)

Exit mobile version