Sumarak Anak Nagari Kota Solok, Wadah Bagi Pelaku Seni untuk Berkreasi

SOLOK, METRO – Kegiatan pentas seni budaya Sumarak Anak Nagari Tahun 2019 Kota Solok kembali digelar. Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan Kota Solok itu dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Solok, Reinier di halaman Rumah Gadang Simpang Denpal, Kota Solok, Sabtu (9/3).
Terkait kegiatan tersebut, Reinier mengatakan, Sumarak Anak Nagari merupakan kegiatan untuk mempertahankan seni dan budaya masyarakat Kota Solok. Melalui kegiatan ini juga, menjadi ruang dalam rangka menumbuhkembangkan kesenian dan memberikan wadah para pelaku seni Kota Solok untuk senantiasa berkreasi.
“Melalui pementasan ini, para penggiat wisata melihat komitmen Pemko dan DPRD untuk bisa mempersiapkan dan menampilkan potensi yang telah digarap dengan baik,” ujarnya.
Ia menambahkan, pemerintah melihat ini sebagai sebuah proses dan kesempatan kepada masyarakat Kota solok untuk mengembangkan salah satu kegiatan di bidang pariwisata dan membuka lapangan kerja.
Ketua Panitia Pelaksana Elvi Basri mengatakan, kegiatan budaya yang telah diadakan rutin setiap tahun ini sebagai wadah bagi para pelaku seni tradisi di Kota Solok untuk mengembangkan kegiatannya. Tentunya, dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kota Solok akan semakin mencintai kesenian Minangkabau.
“Adapun tujuan Sumarak Anak Nagari ini untuk meningkatkan apresiasi dan pemahaman tentang budaya daerah, meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap seni tradisi Minang, serta menggali seni tradisi yang ada di Kota Solok,” ujarnya.
Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra mengatakan, dengan adanya kreatifitas-kreatifitas anak nagari seperti ini, dapat di jadikan sebagai program untuk mengalihkan generasi muda Kota Solok dari segala bentuk perilaku negatif di tengah masyarakat.
Acara Sumarak Anak Nagari ini untuk tahun-tahun selanjutnya terang Sitta, diharapkan agar bisa lebih maksimal, lebih banyak mengundang masyarakat, serta lebih besar gezahnya. Hal itu akan berdampak, dimana Sumarak Anak Nagari dapat menjadi magnet bagi daerah lain untuk berkunjung ke Kota Solok. (vko)

Exit mobile version