30 Ribu Bibit Tanaman Siap Disebarkan kepada Masyarakat

AGAM, METRO – Sebanyak 30 ribu bibit tanaman hortikultura siap disebarluaskan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam kepada masyarakat pada tahun 2019 ini. Pembagian bibit tanaman produktif ini tidak terlepas dari program Agam Menyemai.
Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, (DPKP) Agam Ermanto, Jumat (8/3) mengatakan, sebanyak 30 ribu bibit tanaman berumur panjang diantaranya, jengkol, petai, nangka dan durian siap untuk disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Agam.
“Saat ini di kebun pembibitan sudah ada 10.000 ribu bibit jengkol, 10.000 petai, 5.000 nangka dan 5.000 batang bibit durian,” ujar Ermanto.
Dijelaskan, penyaluran tanaman ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Agam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Bibit yang dikembangkan oleh Pemda Agam merupakan bibit unggul yang di sortir dari hasil kebun masyarakat di daerah setempat untuk pengembangan hingga siap disalurkan.
“Bibit yang kita salurkan merupakan bibit berkualitas,” ujar Ermanto lagi.
Selain itu, penyaluran tanaman berumur panjang ini juga bertujuan untuk penghijauan, serta antisipasi terhadap bencana longsor dan banjir. Karena akar kayu dari tanaman ini dapat menahan tanah dan menyerap lebih banyak air. “Sudah jutaan bibit tanaman yang telah disalurkan,” ulas Ermanto.Pihaknya menargetkan pada 2025, Kabupaten Agam sebagai sentral perkebunan dan pertanian. (pry)

Exit mobile version