PADANG, METRO–PT Astra Honda Motor (AHM) berkolaborasi dengan PT Hayati Pratama Mandiri (HPM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Sumbar menggelar program Educate For You, sebuah komitmen di bidang pendidikan yang bertujuan meningkatkan literasi digital kepada para pelajar SMK Negeri 5 Padang tentang pentingnya memilah dan memilih informasi di era digital, Kamis (25/7).
Program ini lebih berfokus pada edukasi agar generasi muda terhindar dari bahaya informasi hoax serta lebih bijak dalam menggunakan berbagai platform media sosial. Sebanyak 50 orang pelajar SMK Negeri 5 Padang mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung mengenai pengetahuan komunikasi.
Mereka diajarkan cara mengenal dan memilah informasi yang tersebar melalui berbagai saluran komunikasi, mulai dari media massa hingga media sosial dengan mendatangkan langsung narasumber dari jurnalis media halonusa.id Heru Candriko. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan literasi digital, tetapi juga untuk membentuk generasi yang lebih kritis dan bijak dalam menyikapi informasi.
Febriyestion selaku Technical Service Manager PT.HPM mengatakan melalui program Educate For You, kami berharap dapat membekali generasi muda dengan pengetahuan yang memadai untuk menghadapi tantangan di era digital.
“Kami percaya bahwa dengan pendidikan yang baik, kita dapat membentuk generasi yang lebih cerdas, kritis, dan bijak dalam menyikapi berbagai informasi,” ujar Febriyestion
Kegiatan ini mendapat respons positif dari pihak sekolah serta antusiasme dari para peserta. Program Educate For You merupakan bagian dari kampanye ESG Mission, Engaging for The Future, berbagai materi ajar secara teori disampaikan, yang meliputi cara mengenal dan memilah informasi yang benar.
Para siswa diajak untuk lebih memahami bagaimana cara kerja media massa dan media sosial, serta bagaimana mengidentifikasi informasi yang dapat dipercaya. Selain itu, mereka juga diberikan pemahaman tentang dampak negatif dari penyebaran hoax dan cara menghindarinya. Di akhir sesi para peserta juga diajak untuk mengikuti kuis dengan hadiah yang menarik.
Sebagai bagian dari aktivitas Sinergi Bagi Negeri, kegiatan ini merupakan langkah nyata Honda Hayati dalam berkontribusi di bidang pendidikan. Sinergi Bagi Negeri mencerminkan semangat untuk melangkah bersama, memberikan kontribusi kepada masyarakat, dan menjadikan Indonesia lebih baik melalui berbagai aktivitas yang bermanfaat.
Harry Diondra selaku CSR Officer PT HPM mengatakan kami berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan pengetahuan informasi di era digital. Melalui program yang selaras dengan Sinergi Bagi Negeri, kami ingin menciptakan generasi yang lebih sadar, kritis, dan mampu menghadapi tantangan informasi di masa depan. (rom)