Arkadius Berikan Pendidikan Politik bagi Tokoh Masyarakat

PENDIDIKAN POLITIK —Anggota Dprd Sumatera Barat H Arkadius Dt Intan Bano Melaksanakan Kegiatan Pendidikan Politik Bagi Tokoh Masyarakat Tanah Datar. ist

TANAH DATAR, METRO–Anggota DPRD Sumbar Ir. H. Arkadius Dt Intan Bano, MM. MBA, memberikan pendidikan politik bagi tokoh masyarakat Tanah Datar. Kegiatan ini juga berkaitan dengan akan dilaksanakannya alek Pilkada serentak 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), di Ballroom Emersia Hotel dan Resort Batusangkar, Kamis (25/7), dianggarkan melalui pokok-pokok pikiran Arkadius Dt Intan Bano sebagai anggota DPRD Sumbar.

Dalam kesempatan itu, Arkadius, memberikan materinya berjudul, Pilkada serentak menentukan masa depan bangsa dan negara. “Pemilu sebagai wahana pendidikan politik dan upaya pemenangan pertarungan politik pada Pilkada 2024,” ungkapnya.

“Banyak definisi dari arti politik itu, tergantung persepsi dan cara pandang. Politik itu juga diartikan strategi untuk mewujudkan kebaikan bersama, upaya untuk memperoleh kekuasaan, dan manipulasi kepentingan,” tambah Arkadius.

Menurutnya politik juga merupakan usaha yang ditempuh warga untuk mewujudkan kebaikan bersama, serta seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan baik secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Arkadius berharap, agar masyarakat mampu menilai calon pemimpin dalam pemilihan kepala daerah nanti.

Ketua pelaksana acara Fajar, Nurrahman dalam laporannya sampaikan, tujuan diadakan kegiatan ini, dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pengetahuan peserta, terhadap proses demokrasi di daerah, agar kehidupan demokrasi dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, sesuai undang undang yang berlaku.

Kegiatan ini diikuti 90 orang peserta yang terdiri dari Wali Nagari se Tanah Datar dan Tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Tanah Datar, adapun materi yang akan dibahas yaitu, Pilkada serentak menentukan masa depan bangsa dan negara, Mewujudkan Pemilu Badunsanak dalam Pilkada Serentak 2024, Pendidikan pemilih dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak, serta Budaya Politik dan Demokrasi.

Tampil sebagai pemateri lainnya yakni, Kabid Poldagri, Komisioner KPU Sumbar, dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Andalas Doni Hendrik.(hsb)

Exit mobile version