Terjadi Kebakaran Hutan di Pessel, Penyebab Pembukaan Lahan Baru, 1 Hektar lahan Terbakar

PESSEL METRO–Kebakaran hutan atau lahan terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, kali ini daerah Teluk Betung, Nagari IV Jurai, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan.

Cuaca panas dan kemarau, ditambah tiupan angin kencang membuat lahan yang baru saja dibeli oleh salah seorang warga setempat untuk di jadikan lahan perkebunan dengan cara di bakar. Malah menjadi kebakaran lahan yang lebih luas.

” Kondisi lahan yang terbakar berada di atas bukit. Ini cukup menyulitkan petugas pemadam untuk memadamkan api. Kurang lebih ada 1 hektar lahan warga yang terbakar,” terang Kepala BPBD Pessel Doni Gusrizal, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pessel Delfi, Jumat (26/7) Pukul 23.35 Wib

Ia mengatakan, mendapatkan laporan dari warga adanya kebakaran lahan, langsung anggota Damkar Painan, Pessel bergerak ke lokasi. Namun, karena medan sulit dijangkau, maka belum bisa melakukan penanganan. Yang mana lokasi diatas bukit, berjarak kurang lebih 800 meter dari jalan raya.

Dan untuk saat ini TRC BPBD Pesisir Selatan bersama warga setempat sudah berada di lokasi sambil memantau perkembangan api.

” Berdasarkan informasi dari pihak wali nagari setempat. Jika lahan tersebut baru saja dibeli oleh salah seorang warganya, kemudian dibersihkan dengan cara dibakar dengan memperkerjakan 12 orang. Namun, karena tiupan angin kencang, serta kondisi cuaca cukup panas, api menjalar ke ladang yang berada disebelahnya,” tegas Delfi.

Lebih lanjut, Delfi, untuk sampai saat ini ke 12 orang pekerja masih berada di lokasi kebakaran. (rio)

Exit mobile version