Tanah Datar Bangkit Pasca Galodo, Alumni AKABRI 94 Berikan Bantuan

SERAHKAN—Kapolda Sumbar serahkan bantuan korban Galodo pada Bupati Eka Putra.

TANAHDATAR, METRO–Pasca Banjir Bandang Gunung Api Marapi atau Galodo yang meluluh lantakkan wilayah Tanah Datar dan beberapa wilayah di Sumatera Barat (11/5) lalu dan juga menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit itu bantuan dan du­kungan moril terus berdatangan.

Sudah lebih dari satu bulan petaka galodo itu melanda, dukungan materil maupun moril untuk Tanah Datar pulih dan bangkit masih terus berdatangan. Kedekatan emosional Bupati dengan berbagai kalangan ini berbuah perhatian yang sungguh luar biasa, bantuan silih berganti datang sebagai tanda cinta kasih bagi ma­syarakat Tanah Datar.

Saat ini, walau masa tanggap darurat dan perpanjangan masa tanggap darurat telah usai bantuan masih terus datang, seperti halnya Bakti Sosial dari Alumni AKABRI 94 yang diserahkan langsung Ka­polda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono. S.I.K, S.H, kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE,MM, Kamis siang (20/06) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Turut dalam rombo­ng­an Kapolda Sumbar ter­sebut Wadanlantamal Ko­lonel Mulyadi, Dansat. Brimob Polda Sumbar Kom­bes Pol. Joni Afrizal Syarifuddin dan Kadislog. Lanud Padang Letkol. Kal. Dody Yuliansyah.

Sementara Bupati Eka Putra didampingi Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Kadis Kominfo Yusrizal, Kapolres Tanah Datar dan Kapolres Pa­dang Panjang dan Kajari Tanah Datar.

Pada kesempatan itu Kapolda Sumbar atas na­ma Forkopimda dan ma­syarakat Sumatera Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada alumni AKABRI 94 baik Darat, Laut dan Udara yang telah memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir bandang Marapi di wilayah Sumatera Ba­rat umumnya dan Tanah Datar khususnya yang terparah.

“Ini bentuk atensi dari kami alumni AKABRI, se­perti apa yang dirasakan masyarakat juga kami ra­sakan, ini bentuk kepe­dulian bagi masyarakat yang terdampak langsung banjir bandang ini, ”ujar­nya.

Dikatakan Kapolda ini bakti sosial 30 tahun mengabdi dan ini tidak hanya di Sumatera Barat namun juga di daerah lain diwi­layah Indonesia yang juga ditimpa musibah.

Kapolda sebut bantuan tersebut berupa sembako, bingkisan, ada juga selimut, pakaian, dan kebutuhan lainnya atau konsuntif dan non konsuntif.

Terkait tema bakti sosial AKABRI ini, “cooling system menjelang pilkada serentak”, disampaikan Kapolda adalah upaya ba­gaimana menciptakan susana sejuk dalam masa pilkada serentak kedepan. Jadi cooling system ini bukan sekedar bakti sosial sembako saja melainkan juga rasa kepedulian apa­rat terhadap keamanan dan kenyamanan masya­rakat.

Kapolda juga katakan dimana alumni AKABRI 92 batalyon Pratisarawiya dimana dirinya merupakan angkatan tersebut juga akan memberikan bantuan berupa bantuan perbaikan atau renovasi sarana Iba­dah seperti Masjid, se­ti­dak­nya ada 5 (lima) masjid yang akan direnovasi.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM pada kesempatan yang sama menyampaikan ucapan terima kasih kepada alumni AKABRI 94 yang telah memberikan bantuan sebanyak 16 truck dan itu akan segera didistribusikan ke 6 (enam) kecamatan dan 13 nagari.

Terkait pemulihan pasca bencana disampaikan Bupati Eka Putra saat ini sudah masuk masa transisi dimana akan segera membenahi infrastruktur, seperti mempersiapkan hunian untuk korban terdampak, rencana pembuatan sabodam, pemasa­ng­an Early Warning System (EWS).

“Saat ini tim dari Pemerintah Pusat sudah me­lakukan survey terkait sabodam, EWS dan kita juga berharab Pemerintah Pusat juga segera memba­ngun hunian bagi korban terdampak seperti program terpadu sebanyak 60 unit rumah dan mandiri sebanyak 154 rumah, “sebutnya.

Usai menerima bantuan secara simbolis Kapolda Sumbar beserta rombongan yang juga didam­pingi Bupati meninjau lokasi masjid yang terdampak di Simpang Manunggal. (ant)

Exit mobile version