Kanwil Kemenag Sumbar, Gelar Pembinaan Penguatan Moderasi Beragama di Padang Panjang

PADANG PANJANG, METRO–Tim Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat berikan Pembinaan dan Pe­nguatan Moderasi Beragama kepada perwakilan siswa-siswi SMA/SMK di Padang Panjang, Kamis (13/6).

Dilaksanakan di Aula Pusat La­yanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kota Padang Panjang, di Jalan Urip Sumoharjo Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur, acara dibuka Kepala Kantor Kemenag Padang Panjang, Drs H. Alizar, M.Ag Datuak Sindo Nan Tungga.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah dan menangkal adanya paham-paham ekstrim transnasional yang dapat mengan­cam ideologi bangsa. Untuk me­nangkal paham intoleransi, radika­lisme, terorisme, dan separatisme untuk menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya.

Analis Kebijakan Ahli Muda Kanwil Kemenag Sumbar, Muslimah Hikam, selaku Ketua Tim PAI Menengah Kanwil Kemenag, me­nyajikan materi pembinaan di­dampingi Kasi PAI Kankemenag Padang Panjang, Endang Sriyani.

Endang menambahkan, kegiatan bertujuan meningkatkan semangat, serta kesadaran dalam merawat keharmonisan antarumat beragama, khususnya melalui ge­nerasi muda atau Gen Z via Pengurus Rohis SMA/SMK.

“Kegiatan ini diikuti 13 siswa pengurus Rohis, 13 guru PAI pembina Rohis, tiga pengurus MGMP PAI SMA/SMK dan satu pengawas PAI,” sebutnya.

Tim Kanwil mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kankemenag Padang Panjang yang telah memberikan fasilitas dan lokasi pelaksanaan kegiatan positif ini.

“Pengutan moderasi beragama ini sangat penting diikuti generasi muda, penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa dalam mem­praktikkan sikap beragama yang moderat dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Muslimah. (rmd)

Exit mobile version