Tim TDB PMI Padang Panjang, Telah Salurkan 265 Ribu Liter Air Bersih

ANTREAN AIR BERSIH— Masyuarakat yang membutuhkan air berish rela antrean untuk mendapatkan air bersih bantuan dari PMI.

PDG. PANJANG, METRO–Tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Kota Padang Panjang terus men­distribusikan bantuan air bersih kepada warga terdampak banjir bandang lahar dingin. Sampai saat ini telah disalurkan seba­nyak 265.000 liter.

Ketua PMI Kota Pa­dang Panjang, Herki Toni, SKM, MARS, Jumat (7/5) mengungkapkan, selama masa TDB, kebutuhan akan air sangat penting, karena merupakan kebutuhan da­sar bagi masyarakat.

“PMI Padang Panjang yang juga dibantu satu unit mobil tangki dari PMI Kota Sungai Penuh, Jambi terus menyuplai kebutuhan air bersih kepada warga yang terdampak. Total 265 ribu liter air bersih telah disalurkan kepada lebih kurang 5.600 jiwa penerima manfaat,” ungkapnya.

Herki Toni menyebutkan, pendistribusian air bersih dipusatkan di Kelurahan Silaing Bawah yang terkena dampak akibat rusaknya jaringan pipa PDAM. Serta beberapa daerah tetangga di Kabupaten Tanah Datar seperti Paninjauan, Aie Angek, Koto Tuo dan Andaleh.

“Akibat banjir bandang, banyak fasilitas yang rusak dan juga ada yang terendam material banjir atau lumpur. PMI selain membantu mendistribusikan air bersih, juga melakukan u­paya evakuasi dan pela­yanan kesehatan serta te­rus membantu kebutuhan masyarakat terdampak banjir,” ujar Herki.

Ditambahkannya, hal tersebut bisa berjalan de­ngan baik tidak lepas dari upaya tim Bulan Sabit Me­rah, untuk membantu meringankan beban ma­sya­rakat di Kota Padang Panjang dan wilayah sekitar yang terdampak banjir lahar dingin. (rmd)

Exit mobile version