Ajo, salah seorang pedagang kaki lima (sate ), setiap malam berjualan di lokasi BKM
” Alhamdullilah, adanya rumah sakit BKM bisa memberikan tempat untuk berjualan di sini. Lumayan juga pendapatanya,” ucap nya.
Mawardi Owner BKM, untuk fokus bekerja agar dapat menjawab kebutuhan masyarakat atas pelayanan kesehatan. “Tentunya kami akan terus berupaya meningkatkan mutu layanan, dengan ditunjang peralatan medis yang modern.
Untuk mencapai dan menjaga kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit, maka dibutuhkan tindakan yang komprehensif dan responsif terhadap kejadian tidak diinginkan (KTD), agar kejadian serupa tidak terulang kembali; resiko KTD dapat diminimalkan bahkan dicegah dengan memperhatikan keselamatan pasien.
Keselamatan Pasien adalah suatu sistem yang membuat asuhan pasien lebih aman, meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.
Safety Pasien atau keselamatan pasien adalah upaya yang dilakukan di pelayanan kesehatan untuk mencegah terjadinya cidera dan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan pada pasien. Safety Pasien menjadi unsur penting yang perlu diperhatikan dalam pelayanan kesehatan karena menyangkut keselamatan manusia.
“Ya, betul, menyelamatkan pasien sangat menjadi unsur penting diperhatikan dalam pelayanan di rumah sakit. Terutama di RSU BKM,” ujar Mawardi Owner BKM. ( Rio)