Sabar AS Hadiri Pengukuhan Ketua KAN

PASAMAN, METRO–Bupati Pasaman, Sabar AS hadiri kegiatan pengu­kuhan Ketua KAN Nagari Muara Tais periode 2023 – 2028, Mesra Yuza Sutan Malenggang dari Suku Patopang Bodi Caniago yang sebelumnya di jabat oleh Asmal Dt. Rajo Malengggang di aula Kantor Wali Nagari Muara Tais.\

”Sampai saat ini masyarakat Minangkabau masih mengakui kedudukan KAN yang merupakan forum musyawarah mufakat niniak mamak pemangku adat sebagai pimpinan informal yang masih dihormati dan dimuliakan cucu kemenakan,” kata Sabar AS.

Niniak mamak pemangku adat merupakan pemim­pin yang didahulukan salangkah dan ditinggikan sarantiang. Jadi, titahnya mutlak. Tapi, bukan otoriter di nagari dan terhadap cucu kemanakannya.\Namun sebaliknya kemanakan yang dipimpinnya punya respek yang sama terhadap pemimpin adatnya (angkunya), hubungan timbal balik itu harus diciptakan.

”Peran dan fungsi niniak mamak terhadap cucu kemenakan dan masyarakat nagari sangat menen­tukan seperti dalam ungkapan, kayu gadang di tangah padang, batangnyo tampek basanda, ureknyo tampek baselo, daunnyo tampek balinduang,” imbuhnya.

Yoharman, S.Ag. Dt. Sati Ketua Harian Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) yang mengukuhkan kepengurusan KAN Nagari Muara Tais mengatakan dengan dikukuhkannya kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Muara Tais yang baru ini agar dapat memberikan pertimbangan dan masukan kepada Pemerintah Nagari dan Badan Permusyawaratan Nagari (BAMUS) untuk meles­tarikan nilai-nilai Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

KAN ikut bersama Pemerintah Nagari dan BAMUS dalam penyusunan dan pembahasan Peraturan Nagari (Pernag). Mengurus, membina dan menye­lesaikan hal-hal yang berkaitan dengan sako, pusako dan syara’.\

Sementara itu Ketua KAN Nagari Muara Tais yang baru dikukuhkan Mesra Yuza Sutan Malenggang dari Suku Patopang Bodi Caniago, mengatakan dengan dikukuhkannya kepengurusan KAN Nagari Muaro Tais tentu perlu dukungan bersama dan bersama-sama berbenah lebih baik lagi dengan masyarakat adat niniak mamak, alim ulama cadiak pandai dan pemuda sebagai parik paga nagari.

Pihaknya sebagai mitra pemerintah tentu akan berupaya untuk menyukseskan program program pemerintah.

Ia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga terlaksana acara pengu­kuhan ini tutupnya. Pengukuhan KAN tersebut dihadiri SKPD Pemkab Pasaman, LKAAM, Camat, Kapolsek, Wali Nagari, jajaran KAN serta hadirin lainnya. (mir)

Exit mobile version