Berikan Pelayanan Kesehatan, RSUD Dirikan Posko Kesehatan di Lokasi Bencana

PELAYANANAN KESEHATAN— Petugas RSUD dan Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang Siap melayani kesehatan bagi warga terdampak bencana di Pustu di kawasan lokasi Bencana Lubuk Mata Kucing, Padangpanjang Barat.

Upaya Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan khususnya bagi warga yang terdampak bencana, Pemko melalui RSUD men­dirikan posko pela­yanan kesehatan di lokasi bencana.

RSUD Kota Padangpanjang bersama Dinas Kesehatan hadirkan Posko Pelayanan Kesehatan  bersama untuk masya­rakat terdampak bencana alam banjir bandang, Rabu (29/5) Pustu Lubuk Mata Kucing, Kecamatan Pa­dangpanjang Barat

Posko kesehatan ini melayani pengobatan dan cek kesehatan gratis bagi semua usia serta trauma healing bagi anak-anak. Selain itu, dalam kegiatan ini juga disalurkan bantuan uang tunai bagi keluarga terdampak banjir bandang di sekitar Lubuk Mata Kucing serta pemberian hadiah bagi anak-anak.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota, Dr. Winarno, ME yang hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi dukungan dan kerja sama semua pihak dalam pela­yanan kesehatan ini.

“Kita harap kegiatan ini dapat memberikan man­faat bagi warga sekitar. Mereka bisa menda­patkan pengobatan yang tepat sehingga masalah kesehatan dapat teratasi. Kita harap anak-anak terdampak di lokasi ini tetap semangat dan bahagia serta kesehatan masya­rakat tetap terjaga dengan baik,” harapnya

Direktur RSUD Padangpanjang, dr. Lismawati R, Sp.PA. M. Biomed menyampaikan, pelayanan kesehatan bersama ini digelar untuk membantu masyarakat sekitar lokasi Lubuk Mata Kucing yang membutuhkan pengobatan.

“Kita mulai pelayanan ini dari pagi,  baik untuk masyarakat di Kota Pa­dangpanjang maupun dari Nagari Singgalang Kabupaten Tanah Datar,” tuturnya

Dalam posko pelayanan kesehatan bersama ini pihaknya menghadirkan dokter umum, dokter spesialis anak, spesialis obgyn serta psikolog.

“Kegiatan kita ini juga berkat dukungan teman-teman di RSUD. Kita siapkan hadiah untuk anak-anak dan yang berobat kita juga berikan makanan. Selain pengobatan oleh dokter umum dan dokter spesialis, kita juga hadirkan layanan penghilang kecemasan dengan relaksasi kepada warga yang masih mempunyai kecemasan bisa datang ke RSUD,” ungkapnya.

Kegiatan trauma healing tersebut diikuti lebih dari 50 anak. Posko kesehatan hingga sore ini telah melayani sekitar 60 pasien. (rmd)

Exit mobile version