Relawan Pemadam Kebakaran Dibentuk

PDG. PANJANG, METRO–Pemko melalui Satuan Polisi Pamong Praja PP dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) bentuk Relawan Pemadam kebakaran (Redkar) di seluruh kecamatan dan kelurahan.  Kepada mereka diberikan pelatihan selama dua hari, dari Selasa (28/5) hingga Rabu (29/5).

Dibuka Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Nofiyanti, di Aula Dam­kar. Turut hadir Kasat Pol PP Damkar Benny, S.STP beserta jajarannya.

Adapun peserta Redkar ini berasal dari kelurahan se-Kecamatan Padang Panjang Ba­rat (PPB) dan Padang Panjang Timur (PPT) sebanyak 36 o­rang. Perwakilan dari PPB dan PPT masing-masing dua o­rang. Total Redkar 40 orang.

Nofiyanti menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, pelatihan guna pencegahan, penanggulangan, penyelamatan kebakaran dan nonkebakaran ini sangat relevan dengan Kota Padang Panjang.

“Hal ini sangat relevan de­ngan kondisi daerah kita yang cukup padat penduduk sehingga rawan akan terjadinya kebakaran. Serta kondisi geo­grafis wilayah kita yang rawan bencana alam,” kata­nya.

Dikatakannya, keberadaan Redkar bakal memperkuat petugas Damkar menjaga aset masyarakat, pemerintah dae­rah maupun aset nasional.

“Artinya keberadaan Redkar sangat dibutuhkan keterlibatannya dalam urusan pela­yanan, pencegahan, dan penanggulangan dini serta penyelamatan kebakaran dan nonkebakaran,” ujarnya. (rmd)

Exit mobile version