DLH, BPBD dan Masyarakat, Berkolaborasi Bersihkan Bantaran Sungai

BERSIHKAN BANTARAN SUNGAI— Dinas Lingkungan Hidup dan BPBD serta masyarakat Kota Solok dan relawan berkolaborasi membersihkan bantaran sungai.

SOLOK, METRO–Dinas Lingkungan Hi­dup dan BPBD serta ma­syarakat Kota Solok ber­kolaborasi membersihkan bantaran Sungai Batang Binguang yang berlokasi di Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok. Kegiatan ini dalam rangka membersihkan sampah dan bambu yang menghambat aliran air disepanjang sungai ter­sebut. Hal ini terjadi akibat cuaca buruk serta curah hujan tinggi yang berpotensi menyebabkan banjir akhir-akhir ini.

Sampah dan bambu yang menimbun tepian sungai Batang Binguang itu dibersihkan, lantaran berpotensi menghabat aliran air sungai.

Forget Siswanto, Pe­ngawas Lingkungan Hidup Dinas Kebersihan dan Ling­kungan Kota Solok mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti nyata dari semangat gotong royong yang masih hidup di tengah masya­rakat.

“Dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat serta bantuan dari ber­bagai pihak, kami berharap antisipasi bencana banjir dapat diminimalisir. Ini bukan hanya tentang pembersihan fisik, tetapi juga tentang membangun kem­bali kesadaran masyarakat untuk peduli akan kebersihan di Kota Solok,” ujar Forget.

Setelah dibersihkan, sampah tersebut langsung dibawa oleh truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup ke Tempat Pembua­ngan Akhir (TPA).

Forget berharap kepada seluruh masyarakat, untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama sepanjang aliran sungai, demi keindahan dan kenyamanan kita bersama. “Kerja sama yang solid antara warga, Dinas Ligkungan Hidup, dan BPBD Kota Solok diharapkan bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lain dalam menangani bencana secara bersama-sama, dan juga dapat memba­ngun karakter yang kuat dan solidaritas antar warga Kota Solok,” paparnya.  (vko)

Exit mobile version