Kantor Imigarasi Kelas I TPI Padang Gelar Rakor Tim Pora Kabupaten Pessel

PESSEL METRO–Dalam rangka memastikan dipatuhinya ketentuan peraturan, perundang – undangan di bidang ke imigrasian keberadaan orang asing di Kabupaten Pesisir Selatan. Kantor Imigarasi Kelas I TPI Padang, mengelar rapat koordinasi.

Rapat koordinasi tim pengawasan orang asing ( Tim Pora) tahun 2024, diadakan di Hotel Triza Rawang Painan, Senin (20/5/2024). Mengambil tema ” Pengawasan Orang Asing Dalam Penegakan Hukum Keimigrasian dan Antisipasi Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri”.

Acara pagi itu, dibuka Sekdakab Pessel Mawardi Roska, dan Irpansyah, SH.MH
Kepala sub seksi penindakan keimigrasian kantor imigrasi kelas I TPI padang. Dan Forkopimda Pessel, kepala OPD serta camat.

Dalam kata sambutanya, Kepala Sub Seksi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang Irpansyah, SH.MH, meyampaikan, pengawasan keimigrasian adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan mengelolah serta menyajikan data informasi keimigrasian warga negara Indonesia dan Orang Asing.

Untuk memastikan, dipatuhinya ketentuan peraturan perundangan dibidang keimigrasian.

” Saat ini menjadi isu nasional, pengungsi etnis Rohingnya kabur ke Indonesia. Yang mana kedatangan etnis Rohingnya ke Indonesia sering membuat konflik dengan masyarakat lokal setempat. Ini harus menjadi perhatian bersama, khususnya Tim Pora Kabupaten Pessel,” ucap Irpansyah, SH.MH.

Disampaikan Kepala Sub Seksi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, maka bersama seluruh komponen yang ada, tergabung di Tim Pora Kabupaten Pessel, bisa memastikan keberdaan orang asing didaerah kita bisa memberikan kontribusi positif di daerah.

Ia berharap dengan adanya Rapat koordinasi tim pengawasan orang asing ( Tim Pora) tahun 2024, bisa saling bersinergi untuk menyiapkan hal perlu disiapkan dalam mengantisipasi berbagai dampak dari kedatangan orang asing atau pengungsi ke Kabupaten Pessel.

Sementara itu Sekdakab Pesisir Selatan Mawardi Roska mewakili Bupati Pesisir Selatan saat membuka acara, mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada Kantor Imigarasi Kelas I TPI Padang, mengelar rapat koordinasi bersama Tim Pora Kabupaten Pessel.

Mawardi Roska mengatakan, keberadaan Tim Pora jangan hanya sekedar formalitas biasa, namun juga mampu memberikan kontribusinya wujud kongkrit, dan komitmen ikut bersama menjaga NKRI.

” Kita harus bekerjasama, serta mampu menempatkan posisi di bidang nya masing – masing, saling koordinasi, dan bersama melakukan pengawasan keberadaan orang asing atau pengungsi,” tegas Sekda.

Terakhir Mawardi Roska berpesan, agar Tim Pora Kabupaten Pessel bisa terus menjalin sinergitas, bersama dengan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang Irpansyah.

Diharapkan dengan diskusi kali ini hendaknya bisa mendapatkan hasil apa yang diharapkan seperti dasar pembentukan Tim Pora,Kabupaten Pessel.

Acara dilanjutkan dengan diskusi, bertukar informasi tentang keberadaan orang asing atau pengungsi bersama Forkopimda Pessel, OPD dan Camat. ( Rio)

Exit mobile version