Rentan waktu Lima Bulan, 40.819 Ton Padi Keluar dari Pasbar

PASBAR,METRO–Sedikitnya, sudah ada sekitar 40.819 ton produksi padi di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), dalam rentang waktu Januari-April 2024. “Produksi itu dicapai empat bulan terakhir dengan target produksi selama 2024 mencapai 109.842 ton. Di sisa waktu ini sampai akhir tahun kita akan berupaya mencapai target yang ditetapkan,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pasbar. Doddy San Ismail kemarin.

Dikatakan Doddy, untuk mencapai target produksi itu maka pihaknya melakukan sejumlah upaya yakni melakukan rehab jaringan irigasi tersier, pemba­ngunan jalan usaha tani dan bantuan alat mesin pertanian.

Selain itu juga memanfaatkan lahan perkebunan yang saat ini masa peremajaan sawit rakyat.

Lalu memanfaatkan lahan-lahan yang berpotensi untuk pertanaman padi dan jagung melalui pola tanaman sela berupa tumpang sari, tumpeng sisip dan pola lainnya. “Pemberian saprodi benih, pupuk dan pestisida serta alat dan mesin pertanian berupa pompanisasi, traktor, combine harvester,” katanya.

Selain itu juga membenahi dan merawat saluran irigasi dalam rangka pemenuhan air bagi lahan persawahan. “Berbagai upaya itu akan kita lakukan sehingga target produksi padi yang ditetapkan dapat tercapai,” katanya.

Ia berharap kepada petani juga terus meningkatkan kemampuan pengetahuan melalui penyuluh yang ada. “Selain menemui langsung petani kelapangan berupa sekolah lapangan juga penyuluhan terus kita lakukan agar kemampuan petani terus meningkat,” ujarnya. (end)

Exit mobile version