OPD Diminta Percepat Verifikasi Pendataan Awal Pascabencana

PADANG PANJANG, METRO–Pasca terjadinya bencana banjir bandang lahar dingin yang melanda beberapa wilayah di Kota Padang Panjang yang terjadi Sabtu (11/5) lalu,  Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota, Dr. Winarno, M.E, adakan rapat koordinasi di Pos Komando Banjir Bandang Lahar Dingin, Kamis (16/5).

Winarno meminta proses verifikasi pendataan awal segera disiapkan. Pendataan awal dilakukan oleh OPD terkait guna mendapatkan data yang lebih akurat.

“Hasil pendataan ini berfungsi untuk efektivitas pergerakan dan tindak lanjut pemerintah untuk penang­gulangan bencana. Maka diperlukan pen­dataan dan asesmen berkala,” sebutnya.

Adapun pendataan yang perlu segera diverifikasi antara lain pendataan seluruh rumah yang rusak, data jumlah pengungsi, lokasi tempat pengungsian, luas lahan pertanian dan bangunan irigasi yang rusak akibat luapan banjir lahar dingin serta fasilitas umum lainnya.

“Kita berharap dengan adanya percepatan pendataan ini relokasi dapat segera dilakukan sehingga masyarakat tidak terlalu lama menunggu,” tuturnya.

Kegiatan diikuti Kepala Dinas Perkim LH, Alvi Sena, M.T, BPBD Kesbangpol, Dinas PUPR, Dispangtan, Perumdam Tirta Serambi, Camat Padang Panjang Barat, Romi Ar Rahman, S.T, lurah Pasar Usang, Silaing Bawah, Ekor lubuk dan peserta lainnya. (rmd)

Exit mobile version