21.769 Warga Pasaman Kantongi JKN-KIS

PASAMAN, METRO – Pemkab Pasaman wujudkan Universal Health Coverage (UHC) untuk mensejahterahkan seluruh penduduknya melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman (JKMP). Tercatat per 1 Maret 2019 mendatang, penambahan alokasi kouta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).
Tidak tanggung-tanggung jumlah yang akan menjadi peserta baru Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) PBI APBD sebanyak 21.769 jiwa.
Penandatanganan Perjanjian Kerja sama Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman (JKMP), telah dilaksanakan, Senin (25/2) Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dan Kepala Kedeputian Wilayah Sumbagteng–Jambi Siswandi, SE, MM, Cobit5 (F) dari BPJS Kesehatan.
Hadir dalam kegaiatan tersebut jajaran pimpinan Pemkab Pasaman, seluruh Kepala OPD Pasaman, seluruh ASN di Pasaman bersama rombongan dari BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi.
Bupati Pasaman Yusuf menyatakan, apresiasinya atas tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Pasaman per 1 Maret 2019 atas kontribusi seluruh pihak dalam mewujudkan implementasi UUD 1945 pasal 34 tentang pengembangan sistem Jaminan Sosial, khususnya bidang kesehatan.
“Saya selaku pimpinan daerah sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pemangku kepentingan di jajaran saya ini, terkhususnya Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial karena melalui kebijakan ini masyarakat Pasaman dapat berobat dan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik disemua tingkat pelayanan kesehatan. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan yang sudah lama kami cita-citakan,” ujar Yusuf.
Semoga integrasi JKSS dan JKMP- Saiyo ke dalam program JKN-KIS ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Pasaman. “Sehingga nantinya kerja sama ini pada akhirnya mengantarkan kita pada cita-cita dan harapan kita selama ini. Alhamdulillahah tadi sudah diberikan penghargaan oleh BPJS Kesehatan yang langsung dibawah Presiden yakni Direksi BPJS Kesehatan kepada kita Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman,” ujar Yusuf.
Ia menambahkan Pemerintah Daerah telah berkomitmen mendukung program mulia tersebut terutama hal kesejahteraan. Pemkab selalu berupaya menjadi garda terdepan. Di mana program ini telah tertuang dalam nawa cita yang telah ditetapkan oleh Presiden terutama peningkatan kesejahteraan melalui kesehatan masyarakat.
Kedeputian Wilayah Sumbagteng–Jambi, Siswandi menmgapresiasi kepada Pemkab Pasaman yang tiada henti berjuang mensukseskan UHC. Ia berharap dengan UHC ini maka akses pelayanan kesehatan akan semakin mudah dan dirasakan langsung oleh masyarakat Pasaman secara merata.
BPJS Kesehatan akan berkoordinasi terus dengan Pemerintah Daerah Pasaman untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan demi terciptanya masyarakat Pasaman yang madani dan berkeadilan sosial.
“Kami menyampaikan penghargaan yang tinggi dan mengucapkan terima kasih atas niatan mulia Pemkab Pasaman serta seluruh pemangku kepentingan, yang turut berperan aktif dalam menyehatkan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk di Pasaman,” katanya. (cr6)

Exit mobile version