Kembangkan Gas Metan jadi Energi, Tim Ahli Pusat segera Teliti Sawahlunto

SAWAHLUNTO, METRO – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, tim ahli dari pusat akan segera meneliti Sawahlunto dalam pengembangan gas metan menjadi energi.
Hal itu terungkap saat Wako Sawahlunto, Deri Asta memberikan usulan agar pemerintah pusat mengelola gas metan yang tertanam di Sawahlunto menjadi sumber energi. Arcandra Tahar menjelaskan, pengelolaan gas metan membutuhkan pertimbangan matang, terutama dari segi operasional maupun teknik produksi.
“Kita akan segera mengirimkan tim dari Kementerian ESDM untuk melakukan penelitian awal tentang potensi pengelolaan gas metan di kota ini,” ujarnya di Desa Bukik Gadang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Minggu (24/2.)
Arcandra menjelaskan, gas metan bisa dikelola menjadi sumber energi yang nantinya bisa untuk pembangkit listrik dan lainnya. Namun secara teknis pengelolaannya cukup rumit dan membutuhkan modal besar untuk eksplorasinya “Sehingga di Indonesia kondisi saat ini memang kita masih belum memiliki pengelolaan gas metan menjadi sumber energi ini,” ujarnya lagi.
“Bukan tidak mungkin energi metan ini dapat dikembangkan. Sawahlunto malah jadi yang pertama atau satu – satunya nanti di Indonesia yang mengelola gas metan. Makanya kita segera turunkan tim untuk meneliti,” sebut Arcandra.
Ia menambahkan, nanti kalau pun secara potensi memang ada dan layak dieksplorasi, masih akan ada kajian – kajian mendalam lebih lanjut. Tentu dipertimbangkan juga sebelum itu, seperti dengan modal awal eksplorasi dan operasional yang mahal.
“Nanti, apakah setelah mengeluarkan modal sebesar Rp10 miliar itu dapat kembali pemasukannya lebih besar agar tidak terjadi kerugian. Karena kalau tidak, kasihan anggaran terpakai besar hasilnya tidak sesuai,” urai Arcandra, yang merupakan putra Pariaman itu.
Sebelumnya, ketika mengunjungi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM RI, Wali Kota Deri Asta dan jajarannya sempat menyampaikan tentang potensi pengelolaan energi gas metan di Sawahlunto. (zek)

Exit mobile version