Tunggangi Motor Trabas, Mahyeldi, Danrem 032/Wbr Cek Progres Tol Padang-Sicincin

PENINJAU TOL PADANG-SICINCIN— Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, dengan menngunakan motor trabas bersama Danren, meninjau progres pembangunan tol seksi Padang-Sicincin, Minggu (5/5).

PADANG, METRO–Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meninjau pro­gres pembangunan tol seksi Padang-Sicincin, Ming­gu (5/5). Ikut serta dlam peninjauan kali ini, Danrem 032/Wirabraja (Wbr), se­jumlah Kepala OPD, Kepala Instansi Vertikal, serta sejumlah pemotor trabas atau trail.

“Alhamdulillah, pada kegiatan kali ini kita bersama Danrem dan rekan-rekan lain, meninjau progres pembangunan jalur tol seksi Padang-Sicincin. Tadi kita lihat kualitas jalannya tampak sangat baik. Kita ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terus membantu percepatan pe­nyelesaian tol ini, termasuk masyarakat, instansi vertikal, BPN, serta tentu saja Hutama Karya,” ujar Gubernur.

Tol seksi Padang-Sicincin yang menjadi bagian dari jalur tol Padang-Pekanbaru tersebut, kata Gubernur lagi, merupakan harapan seluruh lapisan ma­syarakat. Bukan hanya ma­syarakat Sumbar, tapi juga masyarakat di luar Sumbar. Sebab, dengan kehadiran tol, maka kemudahan-kemudahan akan dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Oleh karena ini menjadi kebutuhan dan harapan bersama, maka pe­nyelesaiannya tentu mem­butuhkan dukungan bersama. Kami di provinsi, da­lam dua hari ke depan akan berangkat ke Kementerian untuk membahas tindak lanjut atas progres tol sejauh ini,” ujar Gubernur lagi.

Sebelumnya pada pekan lalu, Gubernur Mah­yeldi Ansharullah juga me­ngungkapkan bahwa berdasarkan penegasan dari Menteri PUPR kepada PT Hutama Karya (HK), maka pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru seksi Padang-Sicincin diharuskan tuntas pada Juli 2024. Setelah seksi ini rampung, pembangunan akan berlanjut untuk Seksi Sicincin-Bukittinggi.

Gubernur menyebutkan, penegasan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada PT HK selaku pelaksana pembangunan, telah dinyatakan secara tertulis. “Ada pun untuk rencana kelanjutan pembangunan Jalan Tol seksi Sicincin-Bukittinggi nanti­nya, kita diundang oleh Menteri PUPR untuk bertemu. Dalam pertemuan it, kita akan menyerahkan dokumen untuk kelanjutan pembangunan Jalan Tol Seksi Sicincin-Bukittinggi,” ucap Gubernur lagi.

Dengan kelanjutan pembangunan Jalan Tol seksi Sicincin-Bukittinggi ini, sambungnya, diperkirakan akan segera dapat menyelesaikan masalah kemacetan jalur Padang-Buktitinggi. “Nanti kepada Bapak Menteri kita juga akan membahas rencana Seksi Bukitinggi-Payakumbuh hingga Pangkalan. Jadi, semua hal terkait ke­lanjutan pembangunan tol ini akan dibahas saat pertemuan dengan Menteri nanti,” terangnya. (fan)

Exit mobile version