Pengaruh Game “Pubg Mobile” dalam Perubahan Media dan Dampak Bagi Masyarakat Khususnya Gen-Z

Muhammad Jerzy Rivelino (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAND)

Teknologi dan informasi saat ini semakin berkembang. Banyak hal yang mengubah seseo­rang melakukan kegiatan sehari-hari. Seperti anak-anak yang dulu bermain di luar dan berinteraksi de­ngan teman-temann yakini mereka jarang keluar rumah dan bermain per­mai­nan melalui handphone yang menunjukkan bahwa adanya perubahan pada media digital yang terjadi bagi Gen Z.

GAME PUBG MOBILE

Salah satu permainan yang kini sedang banyakdiminati oleh orang-orang khususnya bagi gen-z a­dalah game PUBG MOBILE. Game PUBG Mobile ini merupakan game berbasis FPS (First Person Shooter) dan TPS (Third Person Shooter) yaitu sudut pandang karakter dalam game tersebut. Game PUBG Mobile dirilis oleh Tencent dan dikenalkan kepada masyarakat pada tanggal 19 Maret 2018.

PUBG Mobile menjadi game yang sangat popular dikalangan masyarakat saat ini karena game ini memberikan fitur yang sangat menarik bagi audiensnya seperti grafik yang memanjakan mata para pemain, kolaborasi yang menarik seperti kolaborasi dengan Bentley, Alan Walker, Jujutsu Kaizen, dan lainnya.

PengaruhTerhadapPerubahanMedia

PUBG Mobile memiliki keterkaitan dengan perubahan media saat ini yaitu memiliki dampak yang luas dan memberikan pengalaman bermain yang seru bagi pemain khususnya Gen Z. Dengan adanya beberapa pengalaman seperti:

  1. Pengalaman Visual: Dengan adanya animasi dan grafis yang memiliki nilai estetika dan dapat memanjakan mata pemain melihat kualitas visual game tersebut.
  2. Pengalaman Gameplay: Adanya perubahan pada sistem game, karakter in game, dan item dapat mempengaruhi cara strategi dan taktik dalam permainan mereka.
  3. PengalamanKomunitas: Perubahan ini juga berpengaruh pada interaksi dan komunitas pemain game online tersebut. Contohnya ketika seseorang yang berada di Su­matera Barat bermain de­ngan orang Jakarta dengan menggunakan fitur voice chat di dalam in game PUBG Mobile tersebut.

DampakBermain PUBG Mobile Bagi Gen-Z

Perubahan yang terjadi dalam game PUBG Mobile memiliki dampak yang signifikan terhadap Gen-Z yang tumbuh besar dengan berbagai pengaruh tek­nologi digital dan media sosial. Baik itu dampak positif maupun dampak negatif.

DampakPositif

Dampak positif yang bias kita dapatkan dalam permainan game PUBG Mobile ini adalah bahwa game ini mendorong pemain untuk berpikir kritis (critical thinking) dalam menentukan strategi apa yang akan dilakukan dan penyelesaian masalah (pro­blem solving) dalam meraih kemenangan da­lam game tersebut. Selain itu game PUBG Mobile juga dapat membentuk interaksi sosial yang baik antara satu dengan yang lainnya dengan membentuk komunitas e-sport yang berguna untuk membentuk tim yang baik dan memberikan pe­ngalaman bermain yang seru.

DampakNegatif

Sedangkan, game PU­BG Mobile ini juga memiliki dampak negative yaitu pada kesehatan mental pemain. Seperti yang kita tau bahwa Gen-Z sangat melek dengan hal yang berkaitan dengan mental. Dampak yang terjadi pada mental pemain yaitu ada­nya emosi yang tidak stabil ketika bermain sehingga dapat menimbulkan stres dan mengalami kecemasan.

Oleh karena itu, pen­tingnya untuk mengatur waktu dengan baik agar kita tidak terjerumus ke­dalam hal-hal yang berdampak buruk bagi dirisendiri dan jangan lupa untuk beristirahat sejenak agar tidak merasa lelah. Karena apabila kita sudah lelah dan jenuh maka akan berpengaruh pada pikiran dan emosional yang bias berdampak buruk bagi diri kita sendiri.

Foto : Ilustrasipemain game PUBG Mobile (sumber: https://pixabay.com/id/vectors/permainan-pubg-bermain-game-seluler-7088645/)

REFERENSI

Cindy Mutia Annur. (2023, March 14). Mobile Legends vs PUBG, Mana yang LebihDisukai

Konsumen Indonesia? Katadata.co.id; Databoks.

William, J. (2023, November 7). The Evolution Of PUBG Mobile: A Global Gaming Phenomenon. MeshPedia. (***)

Exit mobile version