Muhammad Jerzy Rivelino (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAND)
Gambar Iphone 15 (Foto: https://www.instagram.com/p/C1AkEHLx3YH/?utmsource=qr) Di era yang saat ini sudah canggih, Apple masih tetap melakukan kompetitifnya di bidang . Apple smartphone yang awalnya digadang-gadangkan menjadi smartphone yang keren yaitu Iphone 15, smartphone ini rilis pada tanggal 12 September 2023.Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dihadapi sekarang yaitu bahwa penjualan Iphone 15 inimenurun dan akibatnya karena minatnya kurang pihak apple mempromosikan smartphone tersebut keseluruh platform digital.
Faktor Iphone 15 Kurang Diminati Oleh Banyak Orang
Penyebab kurangnya minat Iphone 15 ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama yaitu pada harga smartphone yang sangat tinggi yaitu diatas 20 juta rupiah. Hal ini membuat masyarakat berpikir kembali untuk membeli smartphone tersebut sesuai dengan budget. Faktor kedua yaitu pada pengisian daya baterai smartphone tersebut saat ini telah menggunakan port USB-C (type C) yang sebelumnya pada seri Iphone dibawah lainnya masih menggunakan port lightning. Hal ini menjadi pengaruh yang cukup signifikan pada pengisian daya smartphone tersebut yaitu pada kecepatan charging dan kualitas baterai pada smartphone tersebut.
Cara Public Relations Apple Membentuk Citra Baik Pada Smartphone Tersebut
Tetapi, pihak public relations (PR) nya Apple memiliki cara untuk membentuk citra baik dan bias menarik kembali pelanggan dengan baik. Berikut cara-caranya:
- Dengan membuat produk ini dijual secara terbatas pada awal muncul dan membuat produk ini langka. Hal tersebut menjadi daya tarik yang besar bagi masyarakat yang ingin tau terhadap smartphone ini dan berbondong-bondong untuk membeli smartphone tersebut.
- Public Relations (PR) nya Apple juga membuat iklan tentang smartphone tersebut diiringi dengan fitur yang canggih seperti fitur AI (ArtificalInteligence) beserta Dynamic Island. Iklan tersebut dapat mempengaruhi masyarakat menjadi penasaran apa saja fitur yang menarik dari Iphone 15 tersebut dengan menyebarluaskan iklan ke platform digital seperti Instagram, TikTok, dan Youtube. Bahkan, iklan tersebut kini telah sampai ke siaran televisi Indonesia yang membuat masyarakat diseluruh dunia penasaran dan ingin membeli smartphone tersebut.
Contohnya pada platform Youtube dimana setiap konten yang memiliki penonton dan jumlah like yang banyak maka ketika konten tersebut memiliki iklan rata-rata iklan tersebut didominasi oleh iklan Apple tentang fitur-fitur menarik di Iphone 15 tersebut. Bisa kita lihat disini bahwa pihak PR dari Apple berhasil meningkatkan citra dan mempertahankan penjualan di industry smartphone dunia dengan baik.
REFERENSI
EllindaFebrianty, Hery Pudjoprastyono, &ReigaRitomieaAriescy. (2023, October 15). PengaruhKualitasProduk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone: ResearchGate; Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor. iPhone 15 Pro and iPhone 15 Pro Max. (2023). Apple (Indonesia). Kent, J. (2020, December 8). How Does Apple Use Public Relations? | PR Superstar. PR Superstar. (***)