H -1 Arus Mudik Melintasi Jalan Sako Tapan – Kerinci, Sepi Pergerakan

PESSEL METRO–Pemudik yang ingin menggunakan jalur Sako Tapan Pessel – Sungai Penuh – Kerinci, Provinsi Jambi agar bisa terlebih dahulu mengecek kendaraanya, pasalnya dilokasi tersebut rawan longsor, terbam. Dan, jauh dari bengkel.

H – 1 pantuan dilokasi, Selasa (9/4/2024) belum terlihat pergerakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua yang mudik lebaran Idul Fitri. Masih relatif sepih.

Keberadaan para pedagang kaki lima berada rest area perbatasan antara Kabupaten Pessel Sumbar- Sungai Penuh, Kerinci, di Sako Tapan bisa dimanfaatkan pemudik beristirahat sejenak. Sambil, mengecek kondisi kendaraan.

Lemang golek ciri khas di Sako Tapan, bisa menjadi buah tangan pemudik jika melintas di ruas jalan tersebut.

Man, salah seorang pedagang lemang golek di Sako Tapan, Pessel pada Posmetro mengatakan, kalau biasanya H -1 lebaran seperti pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dari arah Sungai Penuh – Kerinci ke Pessel lumayan ramai.

Namun, pada H -1 lebaran kali ini kendaraan pemudik masih relatif sepih, ujarnya.

” Ya, banyak juga pemudik yang berhenti. Membeli lemang golek untuk oleh – oleh pulang kekampung halaman, atau sekedar makan dijalan saja,” katanya.

Hal sama juga diungkapkan Pendi pemilik bengkel sepeda motor.

Pendi, kalau bengkel miliknya itu banyak menerima perbaikan kendaraan roda dua dengan beberapa kerusakan, seperti ban bocor, ganti ban, rantai putus, bolam lampu putus ataupun ganti oli kendaraan.

” Kita sarankan, kalau mudik lewat sini kendaraan bisa cek dulu. Karena kalau sudah melintasi jalan dari Kerinci – Tapan Pessel, dan sebaliknya tidak ada bengkel,” ucap Pendi.

Sementara itu Ilal salah seorang pemudik asal Ranah Pesisir, Kabupaten Pessel sengaja pingin mudik lebih cepat, karena takut hujan dan menghindari kemacetan.

” Ya, apalagi saat ini musim penghujan. Takut saja kalau longsor. Apalagi di lokasi ini rawan longsor,” tuturnya.( Rio)

Exit mobile version