Penguatan Kapasitas Wartawan Parlemen, FWP-SB Study Tiru ke DPRD DIY

Study tiru --Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat (FWP-SB) melakukan kunjungan dan Study tiru ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (26/3).

YOGYAKARTA, METRO–Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat (FWP-SB) melakukan kunjungan dan Studi tiru ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Daerah Istimewa Yog­ya­karta (DIY), Selasa (26/3).

Studi tiru mulai 25-28 Maret 2024 tersebut dipimpin oleh Ketua FWP-SB Novrianto Ucok, dengan membawa rombongan sebanyak 25 orang wartawan dari media cetak, radio, televisi dan media online. Juga didampingi Staf Humas dan Sekretariat DPRD Arnelly Amran, S.Sos, Deny Sur­yani, S.IP, Winanda Zul Putra dan Ida Wulansari M, A.Md. Rombongan diterima Kabag Humas DPRD DIY Sukendar di Ruang Banggar Kantor DPRD DIY.

Ketua FWP-SB Nov­rianto menyampaikan, tujuan kunjungan tersebut, FWP Sumbar ingin mempelajari pola yang dilakukan sekretariat DPRD DIY dalam melakukan kerjasama dengan media-media yang melakukan tugas peliputan di lingkungan sekretariat DPRD DIY khususnya tentang kegiatan ke­giatan kedewanan.

Novrianto juga menyebutkan, FWP-SB merupakan forum wartawan parlemen pertama di Indonesia yang memiliki akte pen­diriannya. Bahkan sudah beberapa kali membe­rang­katkan anggota wartawan parlemen untuk me­ngikuti Uji Kompetensi War­tawan di Lembaga Pers Sutomo Jakarta.

Ia juga menyebutkan, kegiatan Study Tiru FWP-Sumbar ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dua kali setahun. “Kali ini, agendanya ke DPRD DIY dan bertepatan dengan bulan suci Rama­dhan. Kami memilih DPRD DIY sebagai kunjungan, karena kami mendengar  disini hubungan antara humas dengan media yang meliput memiliki kerjasama yang baik, dengan berbagai programnya” ung­kapnya.

Novrianto memaparkan, bahwa FWP Sumbar memiliki anggota seba­nyak 90 orang lebih, dan yang ikut kerjasama sebanyak 60 orang dengan media berbeda. “Yang ikut Study Tiru kali ini seba­nyak 25 orang,” ungkap Ucok.

Dalam pertemuan ter­sebut Ucok memperkenalkan satu persatu anggota rombongan dari sumbar. Ucok juga menjelaskan sistem kerjasama dengan berbagai media Cetak, Televisi, Radio serta Online di DPRD Prov. Sumbar.

Sementara itu, Kepala Bagian Kehumasan dan Protokol DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hendro Sukendar me­nyampaikan, pihak Sekretariat DPRD DIY selalu memfasilitasi wartawan yang meliput dalam setiap kegiatan kedewanan.

Bahkan, untuk pening­katan kapasitas dan penambahan wawasan wartawan yang bertugas di DPRD DIY, pihak Sekretariat DPRD DIY bersama Komisi A secara rutin mengajak wartawan melakukan studi tiru atau studi ba­nding ke sejumlah daerah.  “Selain itu, kami juga melakukan kegiatan napak tilas ke tempat-tempat berseja­rah,” ungkap Hendro Su­kendra.

Dalam menjalani tugas peliputan, Koordinator War­tawan DPRD Yog­ya­karta, Santos mengatakan bahwa DPRD DIY sangat terbuka terhadap warta­wan. Sejauh ini tidak pernah ada kegiatan dan agen­da-agenda DPRD DIY yang tertutup untuk pers.

“Semua kegiatan DPRD boleh diliput media.  Tak ada kegiatan DPRD DIY yang tertutup untuk liputan wartawan. Bahkan di ke­giatan-kegiatan tertentu, DPRD bahkan membantu media dalam bentuk pemuatan pariwara atau advertorial,” ungkap Santos. (hsb)

Exit mobile version