Wali Nagari Tingkatkan Konsumsi Makan Ikan

AGAM, METRO – Pemerintah Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung, semakin komit terhadap peningkatan kosumsi ikan di setiap jorong.
“Hal ini sudah kita awali dengan gerakan budidaya ikan terhadap kelompok-kelompok tani maupun kolam masyarakat. Dengan begitu, disamping bernilai ekonomis maka dengan sendirinya mereka juga mengkonsumsi ikan,” ujar Walinagari Manggopoh, Ridwan, usai menghadiri kegiatan sosialisasi atau kampanye Gemarikan oleh Forum Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Agam, Selasa (19/2).
Ridwan meyakini, bahwa kampanye Gemarikan bisa mendongkrak kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi ikan yang dimulai dari usia dini.
”Kita sangat bersyukur sekali, adanya pembinaan dari Forikan Kabupaten Agam untuk memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakat dan kami juga bersedia apabila dilakukan di sekolah-sekolah,” tegas Ridwan.
Terkait hal itu, ia menuturkan bahwa peningkatan konsusmsi ikan ini juga tidak lepas adanya upaya pembangunan kawasan-kawasan budidaya ikan melalui pembinaan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam terhadap para petani.
“Dengan dibangunnya kawasan budidaya ikan di desa-desa itu mendekatkan ketersediaan ikan pada masyarakat. Ikan yang dibudidayakan tidak dijual semuanya, tetapi ada yang dikonsumsi,” kata Ridwan.
Pihaknya terus mengkampanyekan Gemarikan kepada semua lapisan masyarakat agar tingkat konsumsi ikan masyarakat terus meningkat guna memenuhi protein.
Selain mendorong budi daya ikan di kolam, pihaknya yang dibantu pendamping penyuluh di lapangan menggerakkan budi daya ikan di sawah dengan sistem minapadi. (pry)

Exit mobile version