Dihantam Bencana Longsor, Jalan Salingka Danau Nyaris Putus

AGAM, METRO – Akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda di sebahagian wilayah Kabupaten Agam pada Selasa (19/2) sekitar pukul 20.00 WIB, mengakibatkan terjadinya tanah longsor disertai pohon tumbang di Jorong Batung Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya.
Kepala BPBD Kabupaten Agam M Lutfi, Rabu (20/2) membenarkan, peristiwa. Kemudian peristiwa longsor ini mengakibatkan material longsor disertai pohon tumbang menutupi ruas jalan. Sehingga jalan tidak bisa dilewati kendaraan. Sehingga, terpaksa masyarakat memutar jalannya.
“Pihak kita yang mendapatkan informasinya langsung menuju lokasi longsor tersebut untuk melakukan upayakan pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan tersebut,” ujar Lutfi.
Material longsor disertai pohon kayu yang tumbang langsung dievakuasi dengan cara memotong batang pohon tersebut dan material longsor dievakuasi ke tepi jalan. Sehingga jalan menuju Salingka Danau bisa di lewati lagi seperti semula.
Ia melanjutkan material longsor berhasil kita bersihkan sekitar dua jam setelah kejadian.namun dalam kejadian ini tidak ada menimbulkan korban.
“Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah rawan bencana agar selalu waspada ketika hujan lebat datang. Kalau memang tidak memungkinkan untuk menempati rumah segeralah mengungsi ke rumah sanak family yang aman sehingga tidak ada menimbulkan korban jiwa nantinya. Kewaspadaan dini menimalisir terjadinya korban bencana nantinya,” ujar Lutfi. (pry)

Exit mobile version