Forikan Gencarkan Sosialisasi Makan Ikan

AGAM, METRO – Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kabupaten Agam menggiatkan sosialisasi gemar makan ikan kepada masyarakat. Ketua Forikan Agam, Ny Vita Indra Catri, mengatakan kandungan gizi ikan bermanfaat bagi perkembangan otak anak sehingga perlu dikonsumsi sejak dini di samping harganya yang lebih murah.
“Setiap daerah diwajibkan untuk meningkatkan konsumsi ikan. Di Agam kami berupaya mencapainya melalui sosialisasi mengenai manfaat mengkonsumsi ikan dan lomba memasak menu ikan,” kata Ny. Vita saat memberikan Sosialisasi Gemarikan di Nagari Manggopoh, Selasa (19/2).
Untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan sejak dini, sosialisasi dilakukan ke setiap lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) yang ada di daerah itu.
“Karena masa usia Paud adalah waktu yang pas untuk menanamkan budaya kosumsi ikan kepada anak,” katanya.
Oleh sebab itu, diharapkan melalui sosialisasi itu, Paud ikut memberi arahan pada orangtua dan mengajak anak menyukai menu ikan dengan menciptakan lagu bertema makan ikan atau jingle. Sasaran sosialisasi lainnya yakni rumah makan agar menyajikan lebih banyak menu ikan dan olahannya. Kemudian selanjutnya mengadakan pemilihan rumah makan terbaik yang menyajikan menu ikan.
Ia mengharapkan dari upaya sosialisasi itu mampu meningkatkan konsumsi ikan yang kandungan omega tiga di dalamnya dapat mencerdaskan otak. (pry)

Exit mobile version