Airpura Perdana Cairkan Dana Program PKH

PESSEL, METRO – Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan menjadi kecamatan yang pertama di daerah selatan yang melaksanakan pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) termen pertama.  Pencairan dana PKH pagi itu dilaksanakan di aula Kantor Camat Airpura. Dan dihadiri petugas penyuluh Dinas Sosial Kabupaten Pessel dan petugas dari Kecamatan Airpura.
Camat Airpura Efrianto Z Spt mengatakan, untuk wilayah Selatan Kecamatan Air Pura yang pertama melaksanakan pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) termen pertama kali ini. Warganya di 10 nagari yang nantinya akan menerima pencarian dana tersebut.
”Dana PKH itu seperti pendidikan, kesehatan dengan jumlah besaran diterima berfariasi, mulai dari Rp.2 juta -3 Juta selama 1 Tahun,” ujar Efrianto, Selasa (19/2).
Efrianto menuturkan, pencairan dana PKH sendiri dilakukan secara online melalui sistem DDT yang ada pada Dinsos Pessel. Jadi tidak ada permainan atau pun hal lain bagi masyarakat penerima PKH. Karena, semua dilakukan secara online.
Dan semua data yang masuk ke aplikasi DDT ini tergantung dari pengusulan dari nagari – nagari.
Efrianto mendukung, serta memberikan apresiasi bagi walinagari di wilayahnya yang telah melakukan terobosan kreatif dan inovatif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Kegiatan pelatihan, seperti itu sangat penting untuk memberikan peningkatan kapasitas serta keahlian masyarakat agar mereka bisa mandiri.
Ditambahkan, salah satu program Kecamatan Airpura menggerakan roda ekonomi rumah tangga, terobosan kreatif nagari, keaktifan TPKK Nagari, dan lingkungan yang bersih, saat ini 10 nagari di wilayahnya telah membuat taman nagari di setiap nagari. (rio)

Exit mobile version