Aksi Kolaborasi Generasi Muda dan Yayasan AHM Bangun Negeri

KERJA SAMA-Ketua Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) Ahmad Muhibbuddin (kiri ke-3) melakukan pendatangangan kerja sama dalam program KKN Tematik Satu Hati Universitas Jember (UNEJ).

JAKARTA, EMTRO–Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mem­perkuat dukungan pada peningkatan kualitas kontribusi generasi muda dalam membangun negeri melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Satu Hati di Universitas Jember (UNEJ), Jawa Ti­mur. Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan peme­rintah untuk menyiapkan calon pemimpin masa de­pan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Dukungan terhadap ak­si nyata generasi muda yang bermanfaat bagi ma­syarakat secara berkelanjutan juga diwujudkan Yayasan AHM melalui seleksi Sustainable Development Goals (SDGs) Future Leaders, bekerjasama de­ngan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Berbagai ide kreatif dari sekitar 30 tim yang terpilih akan didukung Yayasan AHM secara pen­danaan maupun pembinaan.

Komitmen untuk ber­kon­tribusi pada pembangunan daerah diperkuat melalui penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama Ya­yasan AHM dengan UNEJ dalam bidang penelitian, pengembangan dan pengab­dian masyarakat di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jem­ber.

Mengusung Tema “Sa­tu Hati Bersinergi Mem­bangun Negeri”, KKN Tematik Satu Hati mengajak ma­hasiswa KKN untuk me­ngab­di dan berkontribusi bagi masyarakat dalam berbagai program unggulan seperti penanganan sampah hingga pengembangan pere­ko­nomian ma­syarakat desa.

Tahun ini, KKN Tematik Satu Hati berkomitmen me­ngem­bangkan desa Sem­boro, Kabupaten Jember, Jawa Timur bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa Amartha Semboro.

Berbagai program akan dijalankan oleh para mahasiswa bersama ma­sya­rakat, seperti mencegah pencemaran lingkungan dan pemanfaatan limbah sampah menjadi bernilai bagi masyarakat sekitar melalui pengembangan bank sampah. Dalam bi­dang perekonomian, Yayasan AHM bersama para maha­sis­wa juga mengembangkan program budidaya ma­gout dan lele, ternak ayam, eduwisata petik jeruk, serta pelestarian batik Semboro.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin me­nga­­ta­kan selaras dengan tujuan SDGs, kolaborasi bersama berbagai pihak diharapkan mampu memberikan efek ganda dalam meningkatkan kompetensi dan penga­la­man mahasiswa selama melakukan pengabdiannya kepada masyarakat yang memiliki dampak berke­lan­jutan.

“Kami ingin para mahasiswa dapat terjun langsung mendampingi masya­ra­kat desa Semboro dengan program-program inovatif yang memberikan nilai ekonomi dengan bersinergi bersama berbagai pihak, sehingga hasil yang diperoleh semakin optimal dan dapat terus dikem­bangkan ke depannya,” ujar Muhib.

Selain itu, para mahasiswa KKN juga dibekali dengan pelatihan safety riding dan pembentukan komunitas Dewan Riset Sekolah (DRS) untuk menjadi role model dan agent of change di lingkungan masyarakat.(rgr)

Exit mobile version