Melalui Materi yang Disiapkan oleh Pemko Padang, Masjid Amal Muslimin Buka Pesantren Ramadhan 1445 H/2024 M

PADANG, METRO–Sesuai instruktur Wali Kota Padang, no. 451.135/Kesra-2024 Tentang Pelaksanaan Pesantren Rama­dhan, maka pembukaan pesantren ramadhan untuk pelajar SD/MI, SMP/MTs dan MA Th 1445 H/2024 M di Masjid Amal Muslimin Wisma indah VII Parupuk Tabing, Kecamatan Koto tangah Padang dilaksanakan Kamis (14/3).

Ketua Masjid Amal Mus­limin, Syukur Rangkuti memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H.

“Masjid sangat mendukung kegiatan pesantren dan ikut membantu hal-hal yang di perlukan demi kelancaran dan kesuksesan pesantren. Diharapkan kepada peserta untuk bisa bekerjasama mengikuti kegiatan dengan baik agar dapat melahirkan Kepemimpinan Islami pada peserta,” ucap Ba­pak Syukur Rangkuti

Dijelaskannya, kegiatan pesantren ramadhan di Masjid Amal Muslimin ta­hun 2024 M, di hadiri sekitar 125 orang peserta. Yang terdiri dari peserta SD/MI  25 orang, SMP/MTs  32 o­rang dan SMA/MA  13 o­rang. Pengurus masjid 25 orang dan jamaah serta orang tua peserta, 30 orang.

Ketua pelaksana Ummi Suhaimi, S. Ag. M.Pd.I, me­ngatakan bahwa pada ta­hun 2024 ini pesantren te­tap dilaksanakan sama seperti tahun-tahun  sebelumnya.

“Pesantren dilaksanakan mulai pembukaan tang­gal 14 Maret 2024 M sampai Tanggal 05 April 2024 M selama 21 hari. Kecuali hari Jum’at libur,”  terang Suhaimi.

Kegiatan Tadarus ma­lam tetap dilaksanakan, dan setiap tadarus jamaah masjid yang sudah ditunjuk berbagi snack, kue dan gorengan untuk peserta yang ikut tadarus Al quran, lanjutnya.

Ummi Suhaimi juga men­jelaskan, bahwa pesantren ramadhan adalah salah satu model pendidikan remaja di kota padang yang terus dikembangkan dari tahun ke tahun sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.

Karena itu, sebut Ummi Suhaimi, melalui materi-materi yang sudah disiapkan oleh Pemerintahan Kota Padang dengan menggunakan Metode Kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dengan masya­rakat dan dengan kegiatan pesantren yang berbentuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sangat relevan dengan kebijaksanaan implementasi K­u­ri­kulum Merdeka di Se­kolah.

Pesantren Ramadhan ini diharapkan peserta bisa menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaq mulia dengan tetap memelihara tradisi kearifan lokal dan mampu beradaptasi de­ngan kemajuan ilmu pe­ngetahuan dan teknologi.

Kegiatan pembukaan pesantren ramadhan di Masjid Amal Muslimin Wis­ma Indah VII Parupuk Tabing ini diisi dengan lantunan Asmaul Husna oleh Daffa dan kawan-kawan, pemasangan kokarde oleh pengurus masjid Amal Mus­limin serta pembacaan doa oleh Ahmad Zahir. (jes)

Exit mobile version