Kampanye WHO 2024 (Wajib Halal Oktober 2024)

Kan Kemenag Tanahdatar H.Amril bersama Plt.Kasubbag TU Kemenag Tanahdatar H. Helmi Zuldi bersama BPJPH Pusat dan Satgas Halal Kampanye P3H di Tanahdatar saat kampanye di pasar pabukoan Batusangkar. (chandra antoni)

TANAHDATAR, METRO–BPJPH Pusat dan Satgas Halal Kampanye P3H di Tanahdatar Kabupaten Tanahdatar ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kampanye Pendampingan Proses Produk Halal (P3H) mewakili Kabupaten /Kota di Provinsi Sumatera Barat yang digelar secara serentak 35 Provinsi se Indonesia.
Pendampingan produk halal tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) H. Amril di Aula Ikhlas Beramal Kantor Kemenag, Jum’at (15/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Pusat Hj.Astina, Ketua Satgas Halal Provinsi Sumatera Barat diwakili H. Ikrar Abdi dan Ketua Satgas Halal Kabupaten Tanahdatar / Plt.Kasubbag TU Kemenag Tanahdatar H. Helmi Zuldi serta 70 orang P3H Kabupeten Tanahdatar.

Ka Kankemenag H. Amril dalam sambutannya menjelaskan Program sertifikasi halal itu merupakan program nasional dan untuk tahun ini Kabupaten Tanahdatar ditunjuk sebagai tempat kampanye produk halal tersebut.
Ia menjelaskan banyak sekali dalil ayat yang mendorong dan mewajibkan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan halal. Untuk itu H. Amril mengajak mari kita sukseskan program sertifikasi produk halal itu sesuai aturan dan harapan.

Sementara Ketua Tim BPJPH Pusat Hj. Astina menjelaskan sasaran kampanye adalah pelaku usaha UMKM, home industri makanan dan minuman.

Teknis kampanye digelar di 15 titik lokasi di Tanahdatar yang telah ditetapkan Kementerian Agama Kabupaten Tanahdatar yakni, Pasar Simabur Kecamatan Pariangan, Depan Kampus UIN Lima Kaum, Simpang Kampus UIN 2 Cubadak Kecamatan Lima Kaum, Pasar Batusangkar, Pasar Rambatan Kecamatan Rambatan, Pasar Saruaso Kecamatan Tanjung Emas, Depan Istana Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas, Pasar Panyalaian Kecamatan X Koto, Pasar Sungayang, Simpang Bulakan Sungai Tarab, Pasar Sungai Tarab, Pasar Salimpaung, Pasar Tabek Patah, Pasar Balai Jum’at Lintau Buo, dan Pasar Balai tangah Lintau Buo Utara.

Selanjutnya Ketua Satgas Halal Provinsi Sumatera Barat diwakili H. Ikrar Abdi menyampaikan, hari ini (Jum’at) kampanye halal tersebut digelar secara serentak di 35 provinsi se Indonesia. Ia berharap agar kampanye halal itu dapat berlanjut sampai bulan Mei 2024 mendatang.

Tujuan sertifikasi halal ialah untuk memastikan bahwa semua produk yang diproduksi UMKM, Home Industri itu halal. Dan ia meminta untuk menuntaskan dan menyegerakan sertifikasi kantin halal semua madrasah dibawah naungan Kementerian Agama.

Kemudian ia juga berharap berkampanyelah dalam bentuk foto, share di FB, tik tok, twittter, Instagram, ceramah/khutbah, dan YouTube serta media lainnya. (ant)

Exit mobile version