Dilirik Wisatawan Sejak Akses Jalan Dibuka Tahun 2020, Danau Talang, Surga Tersembunyi di Kabupaten Solok

Keindahan Danau Talang dengan latar perbukitan yang hijau

PADANG, METRO–Satu lagi surga tersembunyi di Kabupaten Solok yang layak dikunjungi wisatawan untuk menikmati liburan. Namanya Gunung Talang yang berlokasi di Nagari Kampung Batu Lalang, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaen Solok.

Lokasi Danau Talang ini tidak jauh dari lokasi objek wisata Danau Dibawah. Jaraknya hanya sekitar 800 meter. Jika datang ke Danau Talang yang memiliki luas sekitar 8 hektar itu, pengunjung akan dapat menikmati spot danau dengan air yang jernih dan pemandangan perbukitan yang hijau di sekelilingnya.

Suasana cuaca yang sejuk dan dingin perbukitan ikut memanjakan pengunjung untuk betah berlama-lama nongkrong di hamparan rumput dan pasir di sekeliling danau ini.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Danau Talang, Feri mengungkapkan, Danau Talang ini mulai dibuka untuk pengunjung wisatawan sejak tahun 2020 lalu. Di mana, waktu itu telah selesai dibangun akses jalan oleh Pemkab Solok menuju danau ini.

“Dulunya kawasan ini hanya ada satu dua rumah penduduk. Sekarang bisa dilihat, sudah ada penginapan villa, toko, kios dan ruko yang berdiri di sini. Sejak dibuka akses jalan, kita kelola untuk menarik pengunjung berwisata ke danau ini,” terang Feri saat menerima rombongan Fam Trip Dinas Pariwisata Sumbar, Selasa (5/3).

Feri mengungkapkan, ada sekitar 100 wisatawan yang datang setiap minggunya ke Danau Talang. Sementara untuk yang menginap di villa kebanyakan pengunjung dari Riau dan Jambi. Kehadiran wisatawan ini berdampak positif bagi perekonomian sekitar 9200 KK di nagari tersebut.

Banyak masyarakat yang membuka usaha di rumahnya. Bahkan ada masyarakat yang bersedia menjadikan rumahnya home stay untuk pengunjung yang ingin menginap.

Selain menyediakan spot menarik untuk berfoto, dengan pengembangan yang dilakukan, saat ini di Danau Talang telah memiliki fasilitas sejumlah villa dengan lokasi pemandangannya menghadap ke Danau Talang. Termasuk juga menyediakan lokasi camping ground di atas bukit.

Wisatawan yang camping dapat menyaksikan pemandangan indahnya kawasan Danau Talang. “Untuk wisatawan yang ingin camping cukup bayar Rp15 ribu. Sedangkan untuk pengunjung yang datang menikmati pemandangan Danau Talang cukup dikenakan biaya Rp5 ribu saja,” terangnya.

Sekarang juga telah disediakan kapal boat bagi pengunjung yang ingin keliling danau. “Bagi pengunjung yang ingin keliling danau naik kapal boat, dikenakan biaya Rp10 ribu per orang,” terangnya.

Untuk mengundang daya tarik wisatawan datang ke Danau Talang, pengelola juga menggelar sejumlah event, seperti live music. Feri menambahkan, Danau Talang merupakan salah satu danau di Kabupaten Solok yang ikut terlibat pada event Festival Lima Danau. Di mana, lima danau lainnya yang terlibat yakni, Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Tuo dan Danau Singkarak.

“Untuk Festival Lima Danau kita menggelar kegiatan camping untuk pengunjung, pentas seni dan live music. Juga ada penampilan tari tradisional Minangkabau seperti tari piring,” terangnya.

Feri juga menambahkan, dalam upaya menarik wisatawan datang ke Danau Talang, pihaknya melakukan promosi besar-besaran melalui media sosial (medsos) dan melibatkan sejumlah influencer.

Selain di Danau Talang, Feri juga mengungkapkan objek wisata yang wajib dikunjungi di Kecamatan Danau Kembar ini adalah, Danau Dibawah. Khusus danau ini tidak ada akses jalan menuju danau. Tetapi hanya ada akses jalan menuju bukit di atas danau. Jadi wisatawan hanya bisa menyaksikan keindahan Danau Dibawah dari atas bukit.

Untuk dapat membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati pemandangan Danau Dibawah dari atas bukit, saat ini juga telah disediakan penginapan dan fasilitas tenda camping ground.

“Kalau untuk penginapannya harganya berkisar dari Rp300 ribu hingga Rp500 ribu. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin camping, untuk masing-masing tendanya, harganya Rp250 ribu,” ungkapnya.(fan)

Exit mobile version