Berikan Pelayanan Kesehatan Mata Berkualitas, Gapopin Bersinergi Bersama Masyarakat Sumbar

RAKERDA GAPOPIN— Ketua Gapopin Sumbar, Indra Yunaidi, A.Md, RO,S.Tr,Kes, bersama jajaran pengurussaat pembukaan Rakerda Gapopin Sumbar, Sabtu (2/3).

PADANG, METRO –Gabungan Pengusaha Optik Indonesia  (Gapopin) Sumatera Barat mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dengan me­ngu­sung tema “Memba­ngun Kualitas Sinergi dalam Trans­paransi guna Peningkatan Kualitas Bisnis Optik yang lebih baik “.Ra­kerda Gapopin dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr.Fionaliza,M.K.M pada Sabtu (2/3) di Pangeran Beach Hotel.

Ketua Panitia, Dimas  mengatakan kegiatan Rekerda sebagai untuk silaturahmi antar Optik – optik yang ada di Sumatera Barat. Pada rakerda nantinya kita akan presentasikan apa saja program – program Gapopin satu tahun kedepannya, menerima masukan dari anggota yang kita tampung.”Selain itu kita juga mengajak Optik yang belum masuk di Gapopin menjadi anggota Gapopin,” ujarnya.

Ketua Gapopin Sumbar, Indra Yunaidi, A.Md, RO,S.Tr,Kes, mengaku bah­wa pada rakerda Ga­popin menyampaikan program pengurus yang telah dilaksanakan setelah pelatikan ketua Gapopin, dan mengevaluasi program – program yang telah dilaksanakan dan membaut pro­gram – program satu tahun kedepannya.

”Gapopin menghimbau kepada pengusaha – pe­ngusaha Optik untuk bergabung di Gapopin. Keanggotaan Gapopin adalah Optik yang mempunyai izin, Optik itu adalah fasilitas kesehatan dimana ma­syarakat bisa memeriksakan Visus mata dasarnya atau tes ketajaman penglihatan, tempat melakukan memeriksakan menrefraksi matanya, tempat men­da­patkan kacamata yang untuk pengoreksi atau Soflens,” sebutnya.

Menurutnya, program kerja Gapopin Sumbar Periode 2023 -2028 Bakti Sosial dalam rangka World Singht day 2023. Gapopin Sumbar memeriksa dan memberikan kacamata sebanyak 3.217 kacamata di Kota Padang, dan ikut bersama program wakil gubernur Sumbar, membagikan kacamata dam memeriksa mata, sebanyak 350 kacamata secara gratis   di palau terluar di Sumbar di Kabupaten Kepuluan Mentawai.  “MoU dengan Apindo Sumbar, membuat media digital instagram, me­ngikuti Rakernas Gapopin di Manado, kerjasama de­ngan Bank Nagari,” jelas­nya.

Mewakili pengurus DPP Gapopin bidang ritel dan UMKM, Eki Prima mengatakan,  kami dari pengurus DPP Gapopin sangat me­ngapresiasi sekali kegiatan rakerda Gapopin Sumbar. Semoga kegiatan kedepan lebih bersenergi lagi anatara DPP dan DPD Gapopin sesuai dengan tema kita membangun kualitas Si­nergi dalam transparansi guna peningkatan kualitas bisnis optik yang lebih baik.

”Semoga Gapopin Sum­bar lebih maju lagi, menjadi wadah untuk para anggotanya dan seluruh lapisan masyarakat, kita berharap kepada Gapopin Sumbar semakin maju dan bersinergi untuk mening­katkan pelayanan yang lebih baik untuk masyara­kat,” katanya.

Sekretaris Dinkes Kota Padang, Depitra Wiguna, mengakui ada kewajiban sesuai dengan permenkes no 1 tahun 2016 tentang optikal, bahwa optikal itu harus mempunyai izin dan tenaga kesehatan yaitu ARO.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang menghimbau kepada warga Kota Padang yang melakukan usaha terhadap Optikal ini kita ha­rapkan supaya mengurus legilitasnya, mari kita kita tingkatkan toko kacamata menjadi Optikal supaya lebih keren dan mantap,” ajak Depitra Wiguna.

Kabid Pelayanan Kesehatan dr.Fionaliza,M.K.M, mengaku kegiatan Gapopin Sumbar sudah bersenergi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar. Disebutkan, Gapopin memberikan pelayan yang bermutu kepada masyarakat Su­matera Barat, peran gapopin di dalam memeriksa mata secara akurat dengan tenaga kompoten dan di­dukung oleh alat peralatan yang berstandar, dan bisa juga mendeteksi kesehatan mata masyarakat. “Kami dari Dinkes Sumbar mengucapkan terima kasih kepada Gapopin, semoga Rakerda ini menghasilkan inovasi – inovasi dalam pengembangan Gapopin sebagai organisasi dan juga memberikan  kesehatan mata masyarakat Su­matera Barat,” katanya. (ped)

Exit mobile version