Pj Wako Sonny Hadiri Apel HUT Satpol PP dan Linmas

HADIRI HUT POL PP— Pj Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si hadiri Apel HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Indonesia yang dipusatkan di Istana Gubernuran Sumatera Barat, Minggu (3/3).

PDG. PANJANG, METRO–Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si hadiri Apel HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Indonesia yang dipusatkan di Istana Gubernuran Sumatera Ba­rat, (3/3).

Apel HUT yang dihadiri Gubernur Sumbar bersama Forkopimda dan kepala daerah serta Kasat Pol PP se-Indonesia itu, di­pimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian di lapangan Gubernuran.

Dalam amanatnya, Tito Karnavian mengatakan, Satpol PP merupakan u­jung tombak dalam menegakkan peraturan daerah.

“Satpol PP memiliki tugas utama dan ujung tombak untuk menegakkan peraturan daerah,” kata­nya.

Tito menegaskan, keberadaan personel Satpol PP bersama unsur lainnya sangat penting dalam men­­jaga keamanan dan ketertiban. Sekaligus me­lindungi termasuk menegakkan hukum khususnya yang menyangkut peraturan daerah.

Ia menjelaskan, posisi Satpol PP berbeda dengan personel Polri. Korps Bha­yangkara lebih pada pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan membina masyarakat sekaligus menegakkan hukum positif. Sementara itu, Satpol PP lebih pada penegakan peraturan daerah.

Selain itu, Tito juga me­ngatakan, Satpol PP pada Pemilu 2024 memiliki peran penting dan besar da­lam menyukseskan pesta demokrasi 5 tahunan itu.

Menurutnya, pemilu yang berjalan lancar tidak lepas dari peran pihak keamanan terutama TNI dan Polri, termasuk anggota Satpol PP yang tersebar di seluruh daerah. “Kita patut bersyukur Pe­milu 2024 berjalan relatif aman, baik dan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Wako Sonny setelah mengikuti apel, mengucapkan selamat HUT Satpol PP dan Linmas se-Indonesia.

“Semoga personel Satpol PP dan Linmas terus diberi kekuatan untuk menjadi garda terdepan dalam penegakan lerda di daerah masing-masing,” tutur Sonny.

Dalam rangkaian kegiatan ini, personel Satpol PP Damkar Kota Padang Panjang turut berpartisipasi menampilkan bakat bela diri di hadapan para tamu dan undangan. (rmd)

Exit mobile version