Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu, Lintau Berjaya, 7 Putra Terbaik Duduk di DPRD

RAPAT PLENO REKAPITULASI SUARA— Ketua KPU Tanahdatar Diki Andrika memimpin rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu tahun 2024, di Emersia Hotel.

TANAHDATAR, METRO–Lintau berjaya, mereka berhasil menempatkan 7 wakilnya di DPRD Tanahdatar dari 35 kursi yang tersedia. Sementara 1 kursi lainnya juga berhasil ditempati oleh putra asli Lintau yakni Wel Ahmad, S.Sos yang bertarung di Dapil II (Kecamatan Lima Kaum, Rambatan dan Bati­puh Selatan).

Tak tanggung tanggung, ia berhasil mengumpulkan 2590 suara, terbanyak di Partai Demokrat. Sangat cocok menempati kursi wakil pimpinan DRPD. Sejumlah nama  wakil Lintau di DPRD Tanahdatar periode 2024-2029, Jonnedi, Nursal Chan, Darius, Wendri Aswil, Asrul Jusan, Indra Gunalan dan Novrizal.

Dari tujuh nama ini terdapat 4 muka lama yakni Jonnedi, Nursal Chan, Wen­dri Aswil dan Asrul Jusan. Sementara 3 orang merupakan wajah baru yakni Darius, Indra Gunalan dan Novrizal.

Sebagaimana diketahui KPU Tanahdatar telah me­rampungkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Tanahdatar, dari tanggal Selasa (27/2) hingga Kamis (29/2) malam.

Rapat tersebut dipim­pin Ketua KPU Diki Andrika didampingi Komisioner dan dihadiri petugas PPK, Bawaslu, saksi parpol peserta pemilu dan unsur forkopimda.

Pada pemilu 2024 ini Golkar berhasil merebut kursi ketua DPRD dengan meraih 5 kursi (Anton Yondra, Dedi Irawan, Herman Sugiarto, Donald Martin dan Adrison Dt Parpatiah)

Gerindra meraih 4 kursi (Jonnedi, Kamrita, Surva Hutri dan Mulyani) dipastikan meraih kursi wakil ke­tua.

Kemudian, Demokrat meraih 4 kursi (Wel Ahmad, Darius, Nurhamdi dan Syafril) juga dipastikan meraih kursi wakil ketua.

Selanjutnya, PKS diba­wah kepemimpinan Adib Fadil mengalami kemunduran dari 5 kursi menjadi 4 kursi (Nursal Chan, Sai­dani, Adib Fadil dan Jamal Ismal).

Nasib serupa juga dia­lami PPP dari 4 kursi menjadi 3 kursi (Yalpema Jurin, Zulhadi dan Agus Topik). Ketua PPP Arianto pada pemilu 2019 sangat digdaya namun pada pemillu 2024 keok alias tumbang.

Efek AMIN sangat dira­sakan Nasdem, PKB Ummat. Nasdem berhasil meng­gebrak. 4 kursi mereka kuasai, naik satu kursi dari pemilu 2019 (Khairul Abdi, Adril Jinil, Junaidi dan Novriandi).

Yang sangat fenomenal PKB, berhasil meraih 3 kursi dibawah kepemimpinan Indra Gunalan. (Indra Gunalan, Yonnarlis dan Zaipul Imra)

Sementara Partai Ummat dengan dua kursi ditangan (Masnefi dan Herri Wildani) akan menjadi partai yang akan diperhitungkan dimasa datang.

PAN masih bertahan dengan 4 kursi. Empat kursi ditempati oleh Beni Remon, Felly Indra, Novrizal dan Iswandi). Sementara Hanura hanya meraih satu kursi melalui Asrul Jusan. Kemudian PDI-P juga me­raih satu kursi melalui se­pakan Wendri Aswil. (ant)

Exit mobile version