KMP Wira Samaeri Lintas Padang-Kepulauan Mentawai Siap Berlayar

PENGOPERASIAN KMP WIRA SAMAERI— Kepala BPTD Kelas II Sumbar, Muhammad Majid beserta Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah meresmikan pengoperasian KMP. Wira Samaeri lintas Padang-Kepulauan Mentawai di Pelabuhan Teluk Bungus Padang, Senin (26/2).

PADANG, METRO —Kepala Balai Pengelola Transpor­tasi Darat (BPTD) Kelas II Sumbar, Muhammad Majid beserta Guber­nur Mahyeldi Ansharullah meres­mikan pengoperasian KMP. Wira Samaeri lintas Padang-Kepulauan Mentawai di Pelabuhan Teluk Bu­ngus Padang, Senin (26/2).

KMP. Wira Samaeri menjalankan pelayaran perdananya pada pukul 19.02 WIB. Kapal milik PT. Wira Jaya Logitama tersebut mengangkut 19 penumpang yang terdiri dari 4 penumpang kelas bisnis, 10 penum­pang ekonomi, 2 pengemudi, dan 3 penumpang bebas tiket. Selain itu, kapal ini juga mengangkut 2 unit kendaraan.

“Kehadiran KMP. Wira Sameiri melengkapi pelayanan kapal pe­ nyeberangan yang telah beroperasi sebelumnya, sehingga rute Padang-Mentawai bisa diakses masyarakat selama tujuh hari dalam seminggu,” ujar Majid.

Majid berharap dengan adanya penambahan armada KMP. Wira Samaeri pada lintasan Padang ke Kepulauan Mentawai da­pat menjadi salah satu strategi yang baik dalam memaksimalkan luasan gerbang perekonomian, pemerataan pembangu­nan di Provinsi Sumbar, sekaligus memajukan wi­sata di Kepulauan Men­tawai.

“Besar harapan kita se­mua untuk bekerjasama dalam meningkatkan kua­litas pelayanan penye­be­rangan sehingga peng­gu­naan angkutan penye­be­rangan berupa Ferry Roro menjadi pilihan prio­ritas bagi Masyarakat yang me­miliki destinasi Ke­pu­lauan Mentawa,” imbuh­nya.

Sementara, Gubernur Sumbar Mahyeldi An­sha­rullah mengungkapkan ke­hadiran KMP. Wira Samaeri merupakan wujud kepe­dulian pemerintah dan swasta terhadap pere­kono­ mian masyarakat Sumbar. Oleh karenanya, langkah ke depan yang perlu ditata dan dipastikan adalah pe­ningkatan arus pengiriman orang dan barang dari Padang menuju Kepulauan Mentawai dan sebaliknya.

“Sebagaimana hara­pan Bapak Presiden saat berkunjung ke Mentawai akhir tahun lalu, bahwa akses transportasi perlu terus dikembangkan, kare­na akan semakin memu­rahkan dan memudahkan pembiayaan masyarakat. Oleh karena itu, kita juga mengimbau pedagang dan pengusaha, untuk me­ning­katkan produktivitas usa­hanya dari dan menuju Mentawai,” pungkasnya.

Launching kapal ko­mersil yang melayani lin­tasan Padang menuju Ke­pulauan Mentawai ini diha­diri juga oleh Asisten II Bupati Kepulauan Menta­wai, Kepala Dinas Perhu­bungan Provinsi Sumbar dan Kota Padang, Kepala Dinas Perhubungan Kabu­paten Kepulauan Menta­wai, General Menager PT. Wira Jaya Logitama Lines, Perwakilan Pom Lantamal II Padang.

Juga hadir perwakilan Basarnas Padang, Per­wa­kilan Polresta Padang, Ke­pala PT. Jasa Raharja Sum­bar, General Menager PT. Pertamina (Persero) Pa­dang, General Menager PT. ASDP Indonesia Ferry (Per­sero) Cabang Padang, Kasi Sarana dan Angkutan Ja­lan, Sungai, Danau, dan Penyeberangan, dan Kasi Lalu Lintas Jalan, Sungai, Danau, dan Penye­be­ra­ngan BPTD Kelas II Sum­bar. (fan)

Exit mobile version